Bergemilang Gelar di Klub, Goran Pandev Akhirnya Rasakan Piala Eropa

Kapten Makedonia Utara, Goran Pandev.
Sumber :
  • instagram.com/ffmacedonia/

VIVA –  Torehan gelar Goran Pandev di level klub tergolong lengkap. Pemain 37 tahun ini sukses merebut gelar baik bersama Lazio, Inter Milan, maupun Napoli.

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

Puncak karier Pandev terjadi di musim 2009/10. Saat itu, dia membawa Inter meraih treble: Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions. Masih ditambah gelar Supercoppa Italiana dan Piala Dunia Klub.

Pembelaan Pelatih AC Milan Usai Inter Milan Pesta Juara di San Siro

Namun, di kancah internasional, Pandev selalu kesulitan membawa negaranya tampil di turnamen besar, baik di Piala Eropa maupun Piala Dunia. Padahal, pemain yang kini membela Genoa ini sudah melakoni debut di Timnas Makedonia sejak 2001.

Pandev selalu mati-matian setiap membela negaranya. Buktinya, dia tercatat sebagai pemain dengan rekor penampilan sekaligus gol terbanyak, 114 caps dan 36 gol.

Simone Inzaghi Menolak Dianggap Paling Berjasa bagi Inter Milan

Baca juga: Perubahan Nama Ubah Peruntungan Makedonia Utara di Piala Eropa

Namun, Makedonia selalu gagal dibawanya ke Piala Eropa dan Piala Dunia. Mereka gagal melangkah ke Piala Dunia 1998 hingga 2018. Makedonia juga tak mampu melaju ke Piala Eropa 1996 hingga 2016.

Pergantian nama dari Makedonia menjadi Timnas Makedonia Utara sejak 12 Februari 2019, mengubah peruntungan Pandev dan negaranya. Untuk kali pertama, Makedonia Utara melaju ke Piala Eropa.

Sejarah terjadi di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, 12 November 2020. Makedonia Utara lolos ke Piala Eropa 2020 dengan menekuk Georgia 1-0. Manisnya, gol semata wayang Makedonia Utara dicetak Goran Pandev di menit 56.

Ini menjadi turnamen besar sepanjang sejarah Makedonia Utara. Sebelumnya, mereka belum pernah tampil di Piala Eropa dan Piala Dunia saat masih menggunakan nama Makedonia. Di Piala Eropa nanti, Makedonia Utara tergabung di Grup C bersama tuan rumah Belanda, Ukraina, dan Austria. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya