Sialnya Timnas Norwegia, Gagal Promosi ke Liga A Gara-gara Kena WO

Bomber Norwegia, Erling Haaland.
Sumber :
  • instagram.com/erling.haaland

VIVA –  Sial betul nasib Timnas Norwegia. Erling Braut Haaland dan kawan-kawan harus melupakan mimpi promosi ke Liga A UEFA Nations League gara-gara virus corona COVID-19.

Beda dengan Haaland, Robert Lewandowski Masih Bisa Tampil di EURO 2024

Norwegia seharusnya menghadapi tuan rumah Timnas Rumania dalam lanjutan Liga B UEFA Nations League Grup 1, Senin dini hari WIB, 16 November 2020. Namun, laga di Arena Nationala, Bucharest tersebut urung digelar.

Itu setelah salah satu pemain Norwegia, Omar Elabdellaoui dinyatakan positif COVID-19. Kementerian Kesehatan setempat melarang pemain Norwegia terbang ke Bucharest. Seluruh pemain langsung dikarantina.

Ganas di Manchester City, Erling Haaland Gagal Bawa Negaranya ke EURO 2024

Baca juga: COVID-19 Bikin Kecewa Norwegia, Erling Haaland Batal Beraksi

Terkait hal ini, UEFA memutuskan Norwegia dianggap kalah WO 0-3. Itu setelah Badan Kontrol, Etik dan Disiplin UEFA menyerahkan masalah ini kepada Komisi Banding.

Erling Haaland Dipastikan Gagal Tampil di EURO 2024

Photo :
  • instagram.com/fotballandslaget/

"Kami mengumumkan duel Rumania melawan Norwegia tak digelar karena dibatalkan Federasi Sepakbola Norwegia. Ini membuat Norwegia dianggap kalah 0-3, karena dianggap bertanggung jawab atas pertandingan yang tidak berlangsung (sebagaimana diatur dalam surat edaran no 66/2020)," demikian bunyi pernyataan Komisi Banding UEFA.

Dalam laga pamungkas Nations League melawan tuan rumah Austria, Norwegia menurunkan skuad berbeda. Mereka harus puas bermain imbang 1-1 di Ernst Happel Stadium, 18 November 2020.

Hasil ini membuat Norwegia harus puas finis di posisi kedua Grup 1 dengan 10 poin. Tiket promosi akhirnya direbut Austria yang merebut 13 poin.

Ini hal yang mengecewakan untuk Norwegia. Sebelum diterpa COVID-19, mereka memiliki peluang besar promosi. Apalagi, Erling Haaland sedang buas-buasnya. Bomber Borussia Dortmund ini tercatat sebagai top scorer Nations League dengan 6 gol.

Sebenarnya, masih ada satu laga lagi yang gagal digelar karena COVID-19. Yakni, duel Swiss melawan Ukraina di Swissporarena, 17 November 2020 di Liga A Grup 4. Namun, hingga kini UEFA belum memberikan keputusan terkait duel tersebut. Satu tim yang terdegradasi dari Liga A belum diketahui karena laga ini tertunda.

Baca juga: Timnas Ukraina Dihantam COVID-19, Duel Lawan Swiss Batal Digelar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya