Video Gol Papa Bouba Diop yang Bikin Prancis Menangis

Mantan pemain Timnas Senegal Papa Bouba Diop
Sumber :
  • Eurosport

VIVA – Kabar duka datang dari dunia sepakbola. Mantan pemain Timnas Senegal, Papa Bouba Diop meninggal dunia.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Diop menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu 29 November 2020 waktu setempat. Dia meninggal di usia 42 tahun setelah lama melawan penyakitnya.

Diop dikenal sebagai sosok yang membuat juara bertahan Prancis menangis di Piala Dunia 2002. Gol tunggalnya membuat Senegal yang berstatus sebagai tim debutan sukses memetik kemenangan tipis 1-0.

Target Tinggi Thierry Henry Bersama Timnas Prancis di Olimpiade 2024

Baca juga : Penghancur Prancis di Piala Dunia 2002, Papa Bouba Diop Meninggal

Sejarah manis dicatatkan Diop di Seoul World Cup Stadium, 31 Mei 2002. Laga memasuki menit 30, dia membobol gawang Prancis yang dikawal Fabian Barthez. Diop sukses memanfaatkan umpan silang dari El Hadji Diouf.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

Senegal melaju ke babak 16 besar menjadi runner up Grup A, menemani Denmark yang menjadi juara grup. Sedangkan Prancis harus angkat koper dengan cepat usai menempati juru kunci grup.

Di babak 16 besar, Senegal mengalahkan Swedia 2-1. Mereka tersingkir di perempat final usai takluk 0-1 dari Turki. Ini merupakan pencapaian terbaik Senegal di Piala Dunia.

"Di antara banyak prestasi Diop, dia akan selalu dikenang sebagai pencetak gol pembuka di Piala Dunia 2002. RIP, Papa Bouba Diop," tulis Twitter resmi FIFA.

Berikut gol Papa Bouba Diop ke gawang Prancis:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya