Liverpool Lolos Babak 16 Besar Liga Champions Usai Pecundangi Ajax

Penyerang Liverpool, Sadio Mane berduel dengan pemain Ajax Amsterdam
Sumber :
  • Skysport

VIVA – Liverpool menjamu Ajax Amsterdam pada matchday 5 Grup D Liga Champions di Anfield, Rabu 2 Desember 2020.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Duel berlangsung sengit sejak awal. Pasalnya, di grup ini belum ada tim yang dipastikan lolos ke babak 16 besar. Liverpool, Ajax dan Atalanta sama-sama masih memiliki peluang.

Baca Juga : Klasemen Liga Champions: Liverpool Lolos, Grup B Membara

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Pertandingan baru berjalan dua menit, Liverpool langsung mendapatkan peluang. Namun masih bisa ditangkap Andre Onana.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Pada menit ke-32, Ajax nyaris mencetak gol melalui tembakan Noussair Mazraoui. Untungnya, kiper muda Caoimhin Kelleher, yang turun menggantikan Alisson Becker masih mampu mengamankan gawangnya.

Liverpool melancarkan serangan balik menit ke-42. Sadio Mane yang nyaris lolos dari pengawalan akhirnya dijegal oleh Schuurs. 

Di penghujung babak pertama, Ajax mendapatkan peluang melalui Gravenberch. Namun, bola masih melambung di atas mistar gawang. Skor kaca mata bertahan hingga babak pertama usai,

Di babak kedua, Liverpool semakin gencar melancarkan serangan. Curtis Jones berhasil membawa LIverpool unggul 1-0 pada menit ke-58. 

Gol bermula dari crossing Neco Williams dan dihalau Onana yang keluar meninggalkan gawangnya. Bola malah mengarah ke Jones. Dengan mudah, pemain 19 tahun itu menceploskan bola. 

Ajax mendapatkan peluang menyamakan kedudukan pada menit ke-64. Antony melepaskan tembakan dari luar kotak penalti namun masih melebar.

Pada menit ke-83, Liverpool mendapatkan peluang emas. Roberto Firmino mendapatkan umpan dari Salah. Sayangnya, tembakan Firmino masih bisa diamankan Onana.

Ajax hampir menyamakan kedudukan menit 88 lewat Klaas Jan Huntelar yang baru masuk. Namun sundulannya dengan gemilang ditepis oleh Kelleher.

Pada sisa waktu yang ada tak ada lagi gol yang tercipta, Liverpool berhasil lolos ke babak 16 besar setelah menempati puncak klasemen dengan poin 12.


Susunan Pemain:

Liverpool: Kelleher, Neco Williams, Matip, Fabinho, Robertson, Curtis Jones, Wijnaldum, Henderson, Jota (Firmino 68'), Salah (Williams 90'), Mane.

Ajax Amsterdam: Onana, Mazraoui (Huntelaar 86'), Schuurs, Blind (Martinez 86'), Tagliafico, Alvarez (Labyad 69'), Klaassen, Gravenberch, Antony, Tadic, Neres (Traore 81')

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya