Usulan Pasang Diego Maradona di Uang Kertas Argentina

Gol Tangan Tuhan legenda Argentina, Diego Maradona
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Seorang senator Argentina, Norma Durango mengusulkan untuk memampang gambar legenda sepakbola Diego Maradona pada uang kertas negara itu. Sang senator mempresentasikan proyek itu kepada Kongres, Senin 7 Desember 2020.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Dalam usulannya, gambar Maradona dipasang itu dipasang pada uang kertas bernilai 1.000 peso ($12,27). Nantinya, uang itu akan menampilkan wajah Maradona di satu sisi dan gambar salah satu golnya yang paling terkenal di sisi lain.

Dua gol paling terkenal Maradona terjadi di perempat final Piala Dunia 1986 melawan Inggris. Maradona mencetak gol pertama dengan meninju bola melewati kiper Inggris Peter Shilton dan yang kedua dengan menggiring bola melewati tujuh pemain Inggris untuk mencetak gol yang masih dianggap sebagai salah satu gol terhebat sepanjang masa.

Artis hingga Komedian Inggris Minta Pemerintahnya Setop Ekspor Senjata ke Israel

Argentina memenangi Piala Dunia dengan serangkaian penampilan luar biasa Maradona, yang meninggal pada 25 November karena serangan jantung pada usia 60 tahun.

Menurut Durango, ide meletakkan gambar Maradona di uang kertas 1.000 peso itu tidak sekedar sebagai bentuk penghormatan bagi sang legenda, tetapi juga punya tujuan kepentingan ekonomi.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

“Idenya bukan hanya untuk mengenali idola terpenting kita, tetapi juga memikirkan pertanyaan ekonomi. Kami merasa bahwa ketika turis datang ke sini, mereka ingin membawa 'Maradona' bersama mereka," katanya seperti dikutip Reuters.

Legenda Timnas Argentina, Diego Maradona

Photo :
  • Twitter

Meskipun tidak jelas mana salah satu dari dua gol yang akan ditampilkan, beberapa orang Argentina marah saat memikirkan gol 'Tangan Tuhan' yang ditampilkan dalam dokumen resmi pemerintah karena dapat dilihat sebagai memaafkan ilegalitas.

Senator untuk provinsi La Pampa itu mengatakan, keputusan akhir akan dibuat oleh anggota parlemen, yang diharapkan mendengar proposalnya awal tahun depan.

"Idenya adalah untuk mengenali Maradona, untuk kebaikan dan keburukan, siapa orang Argentina paling terkenal di dunia," kata Durango.

"Saya merasa proyek ini mendapat tanggapan yang bagus meskipun beberapa orang tidak setuju dengan itu."

Uang kertas Argentina 1.000 peso saat ini menampilkan burung nasional, Rufous Hornero. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya