Sudah Januari 2021, Berikut Info Lengkap Bursa Transfer Musim Dingin

Lionel Messi mencetak gol ke gawang Osasuna.
Sumber :
  • Twitter: Barcelona

VIVA – Hiruk pikuk 2020 telah dilewati. Kini, seluruh masyarakat dunia menyongsong harapan baru di tahun 2021.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Diharapkan, tahun baru ini memberikan sebuah perubahan positif lantaran sepanjang 2020 dihantui oleh pandemi virus corona COVID-19. Pun, harapan yang sama muncul dari dunia sepakbola.

Seperti biasanya, setiap Januari tiap tahunnya, sepakbola Eropa kembali membuka jendela transfer. Bedanya, pada bursa transfer musim dingin, waktu yang diberikan lebih sedikit ketimbang musim panas.

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Tercatat, setidaknya hanya satu bulan ini setiap klub Eropa diizinkan membongkar pasang skuadnya untuk mengarungi paruh musim kedua. Hanya saja, waktu yang diberikan oleh otoritas sepakbola setempat berbeda-beda di tiap liga.

Kendati demikian, bursa transfer musim dingin jelas menjadi angin segar bagi klub-klub Eropa terutama di lima liga top Benua Biru. Pasalnya, banyak tim yang butuh mendatangkan pemain baru lantaran banyaknya pemain cedera akibat jadwal kompetisi yang padat.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

Diyakini, akan banyak transaksi yang terjadi di jendela transfer musim dingin ini. Berikut info yang perlu diketahui dari bursa transfer musim dingin 2021, dikutip Sky Sports:

Kapan bursa transfer musim dingin 2021 dibuka dan ditutup?

Jadwal dibukanya jendela transfer musim dingin 2021 berbeda-beda di tiap liga. Di Inggris, mereka baru membukanya untuk klub Premier League dan kasta di bawahnya mulai 2 Januari 2021 dan ditutup pada 1 Februari 2021.

Senada dengan Inggris, jadwal jendela transfer di Bundesliga Jerman dan Ligue 1 Prancis juga dimulai pada 2 Januari dan berakhir pada 1 Februari 2021.

Yang berbeda hanya di LaLiga Spanyol dan Serie A Italia. Keduanya akan membuka bursa transfer pada 4 Januari 2021 namun berakhir di waktu yang sama, yakni 1 Februari 2021.

Tak seperti jadwal bursa transfer musim panas lalu yang berubah akibat pandemi virus corona COVID-19, jadwal transfer musim dingin tak memiliki perubahan berarti, hampir sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Apa saja kesepakatan yang diperbolehkan?

Seperti biasanya, pemain bisa didatangkan dan dilepas dari dan ke seluruh Eropa dan penjuru dunia lainnya selama bursa transfer dibuka. Baik dibeli atau dijual permanen maupun secara pinjaman.

Apakah akan ada jendela transfer domestik?

Pada musim panas lalu, terdapat sebuah kebijakan di Inggris yang mana klub Premier League masih bisa melakukan transfer selama 11 hari usai penutupan bursa transfer, yang kala itu ditetapkan pada 5 Oktober silam. Pada rentang waktu tersebut, klub Premier League dipersilakan membeli dari klub di kasta lebih rendah namun tidak di antara klub Premier League lainnya.

Kebijakan itu tak diberlakukan pada bursa transfer musim dingin.

Siapa saja pemain yang bisa pergi?

Bursa transfer musim dingin ini akan semakin menarik lantaran sejumlah pemain top sudah diizinkan membuka negosiasi dengan klub lain lantaran kontraknya akan habis pada akhir musim ini.

Sebut saja Lionel Messi (Barcelona), David Alaba (Bayern Munich), dan Georginio Wijnaldum (Liverpool).

Sementara para pemain seperti Mesut Ozil (Arsenal), Houssem Aouar (Olympique Lyon), dan Christian Eriksen (Inter Milan) bisa meninggalkan klubnya bila ada penawaran yang tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya