Penyebab Bayern Munich Kalah Dramatis dari Moenchengladbach

Pelatih Bayern Munich, Hansi Flick.
Sumber :
  • beIN SPORTS

VIVA Bayern Munich secara mengejutkan menelan kekalahan secara dramatis dari Borussia Moenchengladbach pada lanjutan Bundesliga 2020/2021, di Stadion Borussia-Park, Sabtu 9 Januari 2021, dini hari WIB. Di laga tersebut, ipaksa menelan kekalahan 2-3 meski sempat memimpin 2-0.

Man Utd Dapat Rejeki Nomplok Usai Dortmund Picu Klausul Jadon Sancho, Cuan Besar Menanti

Penalti Robert Lewandowski (20') yang sekaligus menjadi gol ke-20 di Bundesliga musim ini, dan tendangan terarah dari Leon Goretzka (26') membuat FC Hollywood sempat menguasai jalannya pertandingan.

Namun, Bayern tidak mengamankan keunggulan. Raksasa Bundesliga itu malah membiarkan tuan rumah mengembangkan permainan yang akhirnya bisa memborong tiga gol beruntun. Akibatnya, rekor 20 laga beruntun tanpa kekalahan di semua kompetisi harus berakhir.

Red Sparks Vs Indonesia All Stars, Megawati Hangestri Tak Masalah Hadapi Rekan Sendiri

Kebangkitan Gladbach dimulai dari umpan terobosan Lars Stindl melalui serangan cepat yang bisa diakhiri dengan gol oleh Jonas Hofmann pada menit 35. Kemudian, Hofmann mampu menyamakan kedudukan sebelum paruh waktu setelah Lars Stindl berhasil mencuri bola dari Joshua Kimmich.

Pada awal babak kedua , Niklas Suele melakukan kesalahan dengan memberikan bola kepada Hofmann di area sendiri, yang kemudian disodorkan lagi kepada Florian Neuhaus. Peluang itu langsung dikonversi menjadi gol pada menit 49 yang membuat Gladbach balik memimpin 3-2.

Buang Kutukan 0 Trofi, Harry Kane Harus Bawa Bayern Munich Juara Liga Champions

Dengan demikian, Gladbach menjadi tim pertama sejak Cologne pada Februari 2011 yang bisa mengalahkan Bayern Munich dalam pertandingan Bundesliga setelah memimpin dulu 2-0. Hal ini tentunya membuat pelatih Bayern Munich, Hansi Flick meradang.

"Kami mengharapkan akhir yang berbeda untuk pertandingan ini. Kami sempat mengira bakal menang, tapi pada akhirnya kami yang dihukum. Kami kehilangan bola yang tidak perlu hingga tiga kali dan lawan dapat dengan efektif memanfaatkan peluang itu," kata Flick, seperti dikutip Sky Sport, Sabtu 9 Januari 2021.

"Ketika Anda bertanya kepada saya bagaimana mencegahnya, dan di satu sisi Anda harus meminimalkan kesalahan atau menghindarinya. Di sisi lain, Anda harus menutupi area pertahanan hingga dua kali," ujarnya.

Lebih lanjut, Flick menjelaskan, proses gol yang dicetak Gladbach. Menurutnya, tiga gol yang lahir dari tuan rumah sebenarnya bisa antisipasi oleh para pemain Bayern Munich jika mereka belajar dari kesalahan.

"Kami mengalami situasi serupa pada dua gol pertama mereka. Hofmann menusuk dari lini tengah dan kami bergerak maju terlalu cepat. Itu membuka celah di titik tengah dan tanpa menutupi area belakang. Pada gol kedua kami seharusnya terus maju sambil menutupi area belakang," ucapnya.

"Kesalahan itu tidak perlu terjadi dan ini bukan situasi yang menyenangkan. Tapi kekalahan, sekalipun dialami Bayern Muenchen, itu adalah bagian dari permainan. Di babak kedua tim mencoba segalanya untuk mencapai hasil yang positif, tapi itu tidak terjadi," tuturnya.

Atas kekalahan ini, Bayern Munich gagal menjauh dari rival terdekatnya. Kendati masih memuncaki klasemen sementara Bundesliga dengan torehan 33 poin, mereka hanya unggul dua poin dari RB Leipzig.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya