10 Klub Eropa dengan Pendapatan Terbanyak, Liverpool Melesat

Liverpool merayakan juara Premier League 2019/2020 di Anfield
Sumber :
  • twitter.com/lfc

VIVA – Barcelona memimpin daftar teratas klub Eropa yang mencatatkan pendapatan tertinggi sepanjang musim 2019/2020. Musim yang dianggap paling bermasalah karena sempat terhenti akibat pandemi COVID-19.

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Tak cuma itu, ketika dilanjutkan pun, klub kehilangan sumber pendapatan dari penjualan tiket. Mengingat hampir seluruh kompetisi di dunia menggunakan sistem pertandingan tanpa penonton.

Meski begitu, masih ada sumber pemasukan lainnya bagi klub-klub. Mulai dari sponsor, hak siar, dan sebagainya. Jika dibandingkan musim 2018/2019, pemasukannya jelas berkurang.

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Barcelona tetap memimpin sebagai klub dengan pendapatan terbesar musim lalu. Tim asal Catalan mampu meraup £627,1 juta atau setara dengan Rp12 triliun.

Berada di tempat kedua masih ada klub asal Spanyol, Real Madrid. Jumlah pendapatan kedua tim berselisih tipis, tapi masih di angka Rp12 triliun.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Bayern Munich yang berjaya di Jerman dan Liga Champions menempati urutan ketiga. Mereka naik satu tingkat dibanding musim sebelumnya.

Wakil Inggris, Manchester United yang turun satu tingkat ke urutan empat. Lalu disusul oleh Liverpool dan Manchester City di posisi lima dan enam.

Daftar ini dirilis oleh Delotte Sports Business Group. Mereka menyebutkan, Liverpool yang naik dua tingkat dari musim sebelumnya terbantu oleh sistem digital yang dikembangkan oleh klub.

"Keberhasilan di lapangan adalah faktor yang sangat besar. Mereka menang Liga Champions lalu Premier League. Dampaknya signifikan. Mereka telah menunjukkan pergerakan signifikan menuju model digital yang dilakukan selama beberapa tahun," ujar Direktur Deloitte Sports Business Group, Tim Bridge, dikutip dari Sky Sports.

"Itu yang membuat mereka meraup keuntungan dibanding yang lain selama pandemi COVID-19. Krena mereka dapat terlibat dengan suporter dengan cara yang mungkin harus dibayar orang lain untuk mengejar ketertinggalan," imbuhnya.

Berikut daftar lengkap 10 besar klub Eropa dengan pendapatan terbanyak:

1. Barcelona - Rp12 triliun
2. Real Madrid - Rp12 triliun
3. Bayern Munich - Rp10,6 triliun
4. Manchester United - Rp9,7 triliun
5. Liverpool - Rp9,3 triliun
6. Manchester City - Rp9,2 triliun
7. Paris Saint-Germain - Rp9 triliun
8. Chelsea - Rp7,8 triliun
9. Tottenham Hotspur - Rp7,4 triliun
10. Juventus - Rp6,6 triliun

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya