9 Fakta Sadis Kemenangan Chelsea Atas Atletico Madrid

Para pemain Chelsea saat hadapi Atletico Madrid.
Sumber :
  • Twitter: Chelsea

VIVA – Chelsea berhasil menjaga peluangnya untuk lolos ke babak perempat final Liga Champions musim ini setelah menumbangkan Atletico Madrid pada leg pertama babak 16 besar di Arena Nationala, Bucharest, dini hari tadi. Pada laga ini, The Blues menang 1-0.

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan

Olivier Giroud jadi aktor di balik kemenangan Chelsea. Gol saltonya di menit 68 sudah cukup memberi senyuman pada akhir laga untuk skuad asuhan Thomas Tuchel.

Meski menang tipis, tapi modal ini cukup penting. Sebab, gol ini berstatus gol tandang.

Prediksi Pertandingan Premier League: Arsenal vs Chelsea

Di luar itu, statistik juga menunjukkan jika Chelsea lebih pantas keluar sebagai pemenang. Mereka mencatatkan 64 persen penguasaan bola dan 11 tembakan yang lima di antaranya mengarah ke gawang.

Masih ada fakta menakjubkan Chelsea lainnya yang muncul dari laga ini. Berikut yang sudah dikutip dari Opta dan situs resmi UEFA:

Hasil Pertandingan El Clasico Real Madrid Vs Barcelona, Gol Dramatis di Menit Akhir

1. Atletico hanya melepaskan satu tembakan di babak pertama. Jumlah itu jadi yang terendah selama 45 menit pertama yang mereka jalani di Liga Champions sejak leg pertama semifinal 2016/17 kontra Real Madrid.

2. Atletico juga gagal melepaskan satu pun tembakan ke gawang pada laga ini. Total, Los Rojiblancos hanya melepaskan enam tembakan sepanjang laga ini.

3. Gol terakhir Giroud di fase knockout Liga Champions tercipta pada 17 Maret 2015. Kala itu, dia membawa Arsenal menang 2-0 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions kontra AS Monaco.

4. Giroud sejauh ini telah mencetak enam gol pada kampanye terkini di Liga Champions. Dia menjadi pemain pertama yang menorehkan catatan manis itu setelah Didier Drogba pada musim 2011/12.

5. Gol yang dicetak Giroud membuatnya jadi pemain tertua yang mencetak gol di fase knockout untuk Chelsea pada usia 34 tahun 146 hari. Pemain tertua lainnya yang melakukan hal serupa bersama wakil Inggris adalah Ryan Giggs. Kala itu, dia berusia 37 tahun pada April 2011.

6. Chelsea tak pernah tereliminasi dari kompetisi Eropa setelah membukukan kemenangan di leg pertama yang berlangsung tandang. Mereka memenangkan 12 dari 12 partai yang telah dijalani.

7. Di sisi lain, Atletico selalu tumbang dalam tujuh laga di kompetisi Eropa di mana mereka menelan kekalahan pada leg pertama yang berlangsung di kandang.

8. Thomas Tuchel mencatatkan rekor positif setelah hanya kebobolan dua gol dalam delapan laga sejak menjabat sebagai manajer Chelsea. Dalam sejarah klub, satu-satunya klub yang kebobolan lebih sedikit dalam delapan laga pertamanya hanyalah Jose Mourinho.

9. Edouard Mendy juga turut menorehkan catatan positif. Sejauh ini, dia jadi kiper yang mengoleksi clean sheet terbanyak di Liga Champions musim ini dengan lima laga tak kebobolan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya