10 Fakta Menarik Jelang Laga Moenchengladbach Vs Manchester City

Selebrasi pemain Manchester City usai bobol gawang Porto
Sumber :
  • twitter.com/ManCity

VIVA – Manchester City akan ditantang Borussia Moenchengladbach dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020/2021. Laga ini bakal digelar di Puskas Arena, Budapest, pada Kamis 25 Februari 2021, dini hari WIB.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

ManCity saat sedang berada dalam performa terbaiknya. Klub berjuluk The Citizens itu berhasil mencatatkan 18 kemenangan beruntun di semua kompetisi. Torehan tersebut membuat skuad besutan Pep Guardiola lebih diunggulkan.

Sedangkan, Gladbach tengah kesulitan menunjukkan konsistensi di Bundesliga. Akan tetapi, tim berjuluk The Foals itu berhasil tampil mengejutkan di Liga Champions musim ini. Mereka sukses keluar sebagai runner grup B yang dihuni oleh Real Madrid, Shakhtar Donetsk, dan Inter Milan.

Pembelaan Pelatih AC Milan Usai Inter Milan Pesta Juara di San Siro

Duel ini memang bukan kali pertama Gladbach dan ManCity saling bertemu. Total, kedua tim sudah saling berhadapan dalam empat partai Liga Champions. 

Pertandingan Shakhtar Donetsk vs Borussia Moenchengladbach

Photo :
  • twitter.com/ChampionsLeague
Indonesia U-23 dalam Bahaya, Korea Selatan Catatannya Mentereng

Empat laga itu semuanya tersaji pada babak penyisihan grup Liga Champions musim 2015/16 dan 2016/2017. Dalam empat pertemuan tersebut, ManCity belum terkalahkan dengan catatan 3 menang dan 1 imbang

Selain catatan di atas, masih ada 10 fakta menarik lainnya jelang laga Gladbach vs ManCity di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, seperti dikutip situs resmi UEFA:

1. Gladbach telah memenangkan empat dari sembilan pertandingan terakhir mereka di kompetisi Eropa, dengan sisanya 3 imbang dan 2 kalah. Namun, secara total, mereka hanya mampu memenangkan 5 pertandingan dari 19 laga terakhir di kompetisi Eropa, dengan sisanya, 8 imbang dan 6 kalah.

2. Ini merupakan pertandingan kedua Gladbach di Budapest sepanjang keikutsertaan mereka di kompetisi Eropa. Sebelumnya, mereka bertemu tim lokal Hungaria Vasas pada leg pertama putaran pertama Piala Champions 1977/78 di Nepstadion, yang kini berubah nama menjadi Puskas Arena sejak 2016.

3. Moenchengladbach baru sekali menghadapi klub Inggris di final Piala Champions 1976/1977 di Stadion Olimpico, Roma. Saat itu, Gladbach kalah 1-3 dari Liverpool.

4. ManCity belum kebobolan dalam lima pertandingan terakhir di Liga Champions. Terakhir kali mereka kebobolan oleh gol Luis Diaz saat menang 3-1 atas Porto pada matchday pertama Grup C Liga Champions musim ini.

5. ManCity telah mencetak 48 gol dalam 19 pertandingan terakhir di Liga Champions. Selama tiga musim terakhir, mereka mencatatkan 18 kemenangan, 4 imbang, 3 kekalahan, dengan mencetak 64 gol dan 22 kebobolan.

6. ManCity telah memenangkan sembilan dari 14 pertandingan tandang terakhir mereka di kompetisi Eropa, sisanya 3 imbang dan 2 kalah. Namun, dua kekalahan terakhir itu terjadi saat mereka bertandang ke markas sesama klub Inggris.

7. ManCity selalu tampil di babak 16 besar Liga Champions sejak musim 2013/14. Dari tiga pertandingan tandang di babak 16 besar Liga Champions, ManCity selalu menang.

8. ManCity sudah pernah menghadapi wakil Jerman di babak 16 besar Liga Champions saat mengalahkan Schalke 10-2 secara agregat pada musim 2018/2019. 

9. Skor imbang 1-1 melawan Gladbach pada November 2016 menjadi satu-satunya hasil seri dari 9 pertandingan terakhir melawan klub Jerman yang gagal mereka menangkan.

10. Ini adalah pertandingan pertama ManCity melawan klub Jerman di tempat netral. Seperti Gladbach, ManCity juga baru bermain satu kali di Hungaria saat menang 1-0 atas Budapest Honved pada leg pertama putaran kedua Piala Winners 1970/71, di Stadion Bozsik Jozsef.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya