5 Pemain Thailand yang Rasakan Persaingan J League

Chanathip Songkrasin bermain di J1 League bersama Hokkaido Consadole Sapporo
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA – J League merupakan salah satu yang jadi favorit di benua Asia. Banyak pemain berbakat dari berbagai negara yang bermain di kompetisi Jepang tersebut.

Tragis, Nasib Thailand sama dengan Vietnam yang Dibantai Timnas Indonesia

Negara Asia Tenggara yang kultur sepakbola-nya kuat seperti Thailand tak ketinggalan mengirimkan pemainnya untuk bermain di J League. Sampai saat ini, ada lima pemain yang mengadu peruntungan di sana.

Saat ini J League juga bisa dirasakan dekat dengan publik Indonesia. Sebab, siaran langsung pertandingannya bisa dinikmati, seperti halnya kompetisi top Eropa.

Justin Hubner Pilih Cerezo Osaka, Jangan Remehkan Liga Jepang

Berikut 5 pemain Thailand yang pernah bermain di J1 League:

1. Chanathip Songkrasin

Yang Dirasakan Justin Hubner Usai Gabung Cerezo Osaka

Chanatip memulai kariernya di J1 League bersama Hokkaido Consadole Sapporo. Sejak 2017 sampai dengan sekarang dia masih menjadi bagian tim tersebut.

Awalnya dia datang dengan status pemain pinjaman selama satu setengah musim dari Muangthong United. Itu menjadikannya sebagai pemain Thailand pertama yang bermain di kasta tertinggi Jepang.

Permainan Chanathip yang gemilang turut membawa Consadole menghuni peringkat keempat pada akhir musim 2018. Namanya juga masuk dalam susunan pemain terbaik J1 League musim itu.

2. Theerathon Bunmathan

Theerathon mengikuti jejak Chanathip untuk bermain di J1 League pada musim 2018. Dia juga datang dengan status pemain pinjaman dari Muangthong United ke Vissel Kobe.

Photo :
  • Dok. J League

Kepindahannya itu membuat Theerathon bisa merasakan satu tim bersama pemain kelas dunia, seperti Lukas Podolski dan Andres Iniesta.

Satu musim di Vissel Kobe, Theerathon kemudian dipinjamkan ke Yokohama F. Marinos. Bek kiri Timnas Thailand itu lantas dipermanenkan statusnya pada 2019 dan mendapat gelar juara.

Sampai saat ini, Theerathon masih bermain untuk Yokohama F. Marinos. Total dia sudah merasakan bermain dalam 67 penampilan di J1 League di sana.

3. Teerasil Dangda

Teerasil merupakan salah satu pemain Thailand yang namanya harum di kancah internasional. Dia adalah lawan yang diwaspadai Timnas Indonesia jika bertemu dalam kejuaraan seperti Piala AFF atau lainnya.

Teerasil sempat pula mencicipi kerasnya persaingan J1 League. Pertama kali dia datang pada musim 2018 bergabung dengan Sanfreece Hiroshima.

Dia dimainkan sebanyak 32 kali dan menyumbangkan enam gol untuk Sanfreece Hiroshima. Tapi begitu musim berakhir dia memilih kembali ke Muangthong United, walau sebenarnya kontraknya ingin diperpanjang.

Pada musim 2020, Teerasil kembali mencoba peruntungan di J1 League. Dia bergabung dengan Shimizu S-Pulse. Dari 24 penampilan, total tiga gol yang dia sumbangkan. Itu juga jadi musim terakhirnya di Jepang karena memilih pulang lagi ke Thailand.

4. Thitipan Puangchan

Thitipan menjadi pemain Thailand berikutnya yang ikut merasakan bermain di J1 League. Dia dipinjamkan oleh BG Pathum United ke Oita Trinita pada 2019 lalu.

Sepanjang satu musim bersama Oita Trinita, dia mencatatkan 20 kalo penampilan dan 12 di antaranya sebagai pemain inti. Tapi sayang, cuma semusim itu saja dia bermain di J1 League.

5. Kawin Thamsatchanan

Kiper Timnas Thailand ini pernah juga dipinjamkan oleh timnya di Belgia, OH Leuven kepada Consadole Sapporo pada musim 2020 lalu. Tapi sayangnya Kawin kalah bersaing dengan kiper utama di sana, Takanori Sugeno.

Kawin cuma bisa merasakan dua pertandingan di J.League Cup 2020. Begitu musim berakhir, dia memilih untuk kembali ke OH Leuven.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya