Ada 4 Pemain Vietnam yang Mentas di J League

Pemain asal Vietnam, Nguyen Tuan Anh
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA – Vietnam merupakan salah satu kekuatan besar sepakbola di kawasan Asia Tenggara. Dari sana banyak pemain yang berkualitas sehingga bisa dilirik oleh klub luar negeri termasuk J League.

Media Asing Sebut Penampilan Timnas Vietnam Jauh di Bawah Indonesia: Sangat Kontras

Sampai dengan saat ini, setidaknya ada empat pemain asal Vietnam yang mentas di J League. Mereka direkrut oleh klub kompetisi Jepang karena memiliki kemampuan bagus.

Berikut empat pemain Vietnam yang pernah bermain di J League:

Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka

1. Le Cong Vinh

Striker yang bisa dibilang merupakan legenda Timnas Vietnam ini pernah merasakan bermain di J League bersama Hokkaido Consadole Sapporo pada 2013.

M Tahir Mendunia! Sampai Diangkat Media Vietnam, tapi Netizen Salfok ke Rizky Ridho

Wajar bila Le Cong Vinh mendapat perhatian dari Consadole yang ketika itu masih bermain di J2 League. Sebab, sejak 2008 dia bersinar membawa Timnas Vietnam menjadi juara Piala AFF dan bersinar di kompetisi lokal.

Le Cong Vinh cuma menghabiskan waktu empat bulan bersama Consadole di J2 League. Dari 11 penampilan, empat gol disumbangkannya.

Dia memilih kembali ke Vietnam sebelum kontrak peminjamannya  berakhir. Sebab, saat itu Consadole gagal lolos ke babak play-off promosi ke J1 League.

2. Nguyen Cong Puong

Photo :
  • Dok. J League

Baru pada 2016 Vietnam kembali mengirimkan pemainnya untuk mentas di J League. Kali ini adalah Nguyen Cong Puong yang dipinjam oleh Mito Hollyhock.

Mito yang ketika itu menjadi kontestan J2 League meminjam Nguyen Cong Puong untuk melapis posisi bek sayap kanan.

Sayangnya Nguyen Cong Puong tidak banyak mendapat kesempatan bermain. Dia cuma lima kali tampil di J2 Legue, dan dua saat menjalani laga Piala Kaisar.

3. Nguyen Tuan Anh

Pada tahun yang sama, ada pemain Vietnam lainnya yang juga bermain di J League. Dia adalah Nguyen Tuan Anh sebelumnya bermain di klub Hoang Anh Gia Lai.

Nguyen Tuan Anh dipinjamkan ke Yokohama FC yang juga berlaga di kompetisi kasta kedua Jepang. Dan dia tak lebih beruntung dari Nguyen Cong Puong, karena jarang dimainkan.

Selama menjalani masa peminjamanan di Yokohama FC, Nguyen Tuan Anh bahkan jarang masuk dalam skuad yang dipersiapkan bertanding. Dia pertandingan di Piala Kaisar jadi catatan penampilannya.

4. Dang Van Lam

Di musim ini Vietnam punya wakil di J League. Tak tanggung-tanggung, bahkan untuk kompetisi kasta teratas di Jepang. Dia adalah Dang Van Lam.

Cerezo Osaka yang resmi mendapatkan kiper Timnas Vietnam tersebut pada awal 2021 ini. Sebelumnya Dang Van Lam adalah penggawa klub Thailand, Muangthong United.

Ujian bagi Dang Van Lam sebenarnya ada dalam skuad Cerezo Osaka itu sendiri. Dia harus bersaing dengan kiper senior asal Korea Selatan, Kim Jin-hyeon dan Kenya Matsui dari Jepang yang sudah lebih dulu ada di dalam tim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya