Sepakbola Geger, Ada Kompetisi Baru Liga Super Eropa

Logo Liga Super Eropa
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Sepakbola Eropa geger. Pada Minggu 18 April 2021, dideklarasikan kompetisi anyar bernama European Super League, atau Liga Super Eropa.

Juventus Gantung Nasib 2 Pemain

12 klub dari Inggris, Italia, dan Spanyol, bersepakat untuk menggelar kompetisi tersebut. Sementara deklarasi dilakukan oleh Florentino Perez yang didapuk menjadi presiden liga.

"12 klub terkemuka di Eropa hari ini bersama-sama mengumumkan akan menggelar kompetisi di tengah pekan, yakni Liga Super, yang diatur oleh klub-klub pendiri (Founding Club).

Kekurangan Real Madrid saat Menang Tipis Atas Mallorca

"AC Milan, Arsenal FC, Atletico Madrid, Chelsea FC, FC Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur tergabung dalam  Founding Clubs," tulis pernyataan resminya dikutip Football Italia.

12 klub yang disebut itu dipastikan kini keluar dari asosiasi klub Eropa (ECA). Hal yang menarik mengingat bos Juventus, Andrea Agnelli, adalah presiden dari asosiasi tersebut.

Torino Vs Juventus, Pemain Ini Kena Sentil Allegri

Photo :
  • realmadrid.com

Liga Super dalam hal ini akan menjalani komunikasi dengan FIFA dan UEFA. Mereka juga menjelaskan bahwa digelarnya ajang ini baru diharapkan bisa meningkatkan kualitas kompetisi di benua biru ke depan. Mereka juga mengaku segara ada tambahan tiga klub lagi yang segera bergabung dalam waktu dekat.

Mereka mengaku Liga Super sudah digagas sejak lama dan melakukan berbagai kajian mendalam oleh para stakeholder sebelum memutuskan digelar dengan format yang telah ditentukan.

Perez selaku orang nomor satu di Liga Super juga memberikan sedikit sambutan dalam pengumuman ini.

"Kami akan membatu sepakbola di segala level dan meletakan di tempat yang paling tepat. Sepakbola adalah satu-satunya olahraga di dunia yang mempunyai miliaran fans dan kami sebagai klub besar bertanggung jawab untuk merespons keinginan mereka," kata Perez.

Dari UEFA sendiri sudah merespons pengumuman terbentuknya Liga Super. Mereka menolak keras dan siap memberikan sanksi berat bagi para klub peserta dan pemain yang terlibat dalam kompetisi tersebut nantinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya