Apa Itu European Super League yang Bikin Gempar Sepakbola Dunia

Logo Liga Super Eropa
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Dunia sepakbola dibuat gempar pekan ini. Menyusul diumumkannya kompetisi baru, European Super League atau Liga Super Eropa yang digagas 12 klub top Eropa. Penolakan dan cibiran pun datang dari banyak pihak.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

12 klub dari Inggris, Italia, dan Spanyol, bersepakat untuk menggelar kompetisi tersebut. Sementara deklarasi dilakukan oleh Florentino Perez yang didapuk menjadi presiden liga. Ke-12 klub ini pun diklaim sebagai klub pendiri (Founding Club).

"AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur tergabung dalam  Founding Clubs," tulis pernyataan resminya dikutip Football Italia.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Pihak UEFA sendiri sudah merespons pengumuman terbentuknya Liga Super. Mereka menolak keras dan siap memberikan sanksi berat bagi para klub peserta dan pemain yang terlibat dalam kompetisi tersebut nantinya.

Apa Itu Europan Super League?

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Photo :
  • Twitter/@realmadrid

Ide Liga Super Eropa yang terdiri dari klub dari seluruh Eropa telah dibahas sejak 1990-an. Ide ini telah diusulkan untuk musim 2022. Tapi FIFA dan enam konfederasi, termasuk UEFA, telah menolak pembentukan liga yang memisahkan diri.

Dikutip dari berbagai sumber, ide ini sudah muncul pada tahun 1998. Perusahaan Italia, Media Partners, secara serius mengkaji gagasan tersebut. Tapi rencana ini mati setelah UEFA memutuskan memperluas Liga Champions dan menghapuskan Piala Winners untuk lebih mengakomodasi klub-klub yang sedang mempertimbangkan untuk membelot untuk bergabung dengan Liga Super yang diusulkan.

Pada bulan Juli 2009, Florentino Pérez dari Real Madrid kembali memperjuangkan gagasan tersebut. Pada bulan Agustus 2009, manajer Arsenal Arsene Wenger memperkirakan liga super akan menjadi kenyataan dalam waktu 10 tahun karena tekanan pendapatan pada tim elit Eropa.

Pada 4 Juli 2009, Florentino Pérez, yang muak dengan UEFA, mengkritik Liga Champions saat ini, dengan mengatakan "kita harus menyetujui Liga Super Eropa baru yang menjamin bahwa yang terbaik selalu bermain melawan yang terbaik - sesuatu yang tidak terjadi di Liga Champions."

Perez menyatakan bahwa ia akan mendorong kompetisi break-away yang menampilkan kekuatan tradisional Eropa jika UEFA tidak berbuat lebih banyak untuk memastikan tim-tim ini bermain satu sama lain setiap tahun.

Di bawah rencana Perez, tim-tim terbaik di benua itu akan tetap menjadi bagian dari sistem kompetisi domestik masing-masing, tetapi akan dijamin berkesempatan untuk bermain menghadapi tim kuat satu sama lain pada akhir musim liga reguler.

Perjalanan Panjang Ide European Super League

Photo :
  • Telegraph

Pada 2016, kembali muncul pembahasan kemungkinan pembuatan liga tertutup yang berisi 16 tim terbaik di Eropa dari liga domestik tertinggi. 16 tim ini akan dibagi menjadi 2 grup, dengan 8 tim di setiap grup. Setelah 56 pertandingan di setiap grup di bawah sistem round-robin, tim yang finis di tempat 1-4 akan lolos ke perempat final.

Rencana itu akhirnya ditolak UEFA yang untuk menghindari terciptanya liga super, melakukan perubahan pada struktur Liga Champions. UEFA mengumumkan bahwa Inggris, Italia, Spanyol, dan Jerman akan memiliki 4 tim di fase grup Liga Champions UEFA tanpa harus bersaing di babak play-off.

Pada November 2018, Football Leaks mengklaim bahwa ada pembicaraan rahasia tentang pembentukan kompetisi klub kontinental baru, Liga Super Eropa, yang akan mulai dimainkan pada 2021.

Oktober 2020, Sky Sports mengklaim FIFA mengusulkan pengganti Liga Champions yang disebut Liga Premier Eropa yang melibatkan hingga 18 tim dalam sistem round-robin dan turnamen knockout gaya playoff liga tanpa degradasi yang mirip dengan kompetisi Major League Soccer di Amerika Serikat.

Namun, pada 21 Januari 2021, FIFA dan keenam konfederasi kontinental (AFC, CAF, CONCACAF, CONMEBOL, OFC dan UEFA) mengeluarkan pernyataan yang menolak pembentukan Liga Super Eropa yang memisahkan diri. Setiap klub atau pemain yang terlibat dalam liga seperti itu akan dilarang dari setiap kompetisi yang diselenggarakan oleh FIFA atau salah satu dari enam konfederasi.

Photo :
  • /twitter.com/brfootball

Tapi proposal tersebut tetap dalam pembahasan oleh klub-klub seperti Manchester United dan Liverpool; dokumen proposal menunjukkan bahwa liga seperti itu akan dimulai pada musim 2022-23, dengan 15 anggota tetap termasuk enam klub Premier League, dan setiap klub akan dibayar hingga £ 310 juta untuk bergabung diikuti hingga £ 213 juta per musim.

Puncaknya, pada 18 April 2021, bahwa 12 klub di Inggris, Italia, dan Spanyol akhirnya sepakat untuk membentuk Liga Super Eropa dan mengumumkannya ke publik. The New York Times melaporkan bahwa setiap tim akan mendapatkan lebih dari $ 400 juta (£ 290 juta) untuk mengikuti kompetisi.

Laporan tersebut menimbulkan reaksi negatif dari UEFA dan asosiasi sepakbola dan liga Inggris, Italia, dan Spanyol, yang mengeluarkan pernyataan bersama yang menyatakan bahwa mereka tidak akan mengizinkan Liga Super untuk dilanjutkan.

UEFA juga menegaskan kembali bahwa setiap klub yang terlibat dalam Liga Super akan dilarang dari semua kompetisi domestik, Eropa, dan dunia lainnya, dan pemain mereka dapat ditolak kesempatannya untuk mewakili tim nasional mereka.

Ramai-ramai Tolak European Super League

Photo :
  • twitter

Federasi sepakbola Prancis dan liga profesional Prancis juga akan mengeluarkan pernyataan yang menentang Liga Super yang diusulkan; liga sepak bola Jerman mengikutinya. Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga menyatakan penolakannya terhadap rencana tersebut.

Fans juga menyatakan tentangan; Pendukung Sepak Bola Eropa menyebut proposal itu "tidak sah, tidak bertanggung jawab, dan dengan desain anti-kompetitif". Gagasan Liga Super Eropa telah dikritik oleh para penggemar dan kritikus, menunjukkan efeknya yang berpotensi merusak liga domestik, Liga Champions UEFA, dan klub-klub kecil.

Liga Super Eropa dipandang hanya sebagai "perebutan kekuasaan" oleh klub-klub besar untuk mendapatkan lebih banyak uang dan kendali atas sepakbola. Gelandang Jerman dan Real Madrid Toni Kroos mengkritik rencana tersebut pada tahun 2020, dengan mengatakan "jarak antara klub besar dan kecil akan semakin meluas. Semuanya tidak selalu harus lebih cepat, dengan semakin banyak uang".

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa rencana Liga Super Eropa akan 'sangat merusak' untuk olahraga sepak bola dan menyerukan klub-klub baru-baru ini mendukung langkah tersebut untuk menjawab para penggemar atas tindakan mereka.

Photo :
  • The Independent

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menyatakan kritik dan menyambut posisi klub-klub Prancis karena menolak untuk berpartisipasi dalam Liga Super Eropa yang diusulkan. Presiden UEFA, Aleksander ?eferin menggambarkan proposal untuk Liga Super Eropa sebagai "ludah di hadapan semua pecinta sepakbola".

Mantan bek Liverpool dan Inggris, Jamie Carragher, menyerukan kepada para penggemar, pakar TV, manajer, dan pemain untuk mulai "berbaris di stadion" untuk menunjukkan penolakan mereka. Manajer Liverpool, Jürgen Klopp, menambahkan bahwa harapannya adalah "Liga Super tidak akan pernah terjadi" dengan mencatat bahwa meskipun masuk akal secara finansial, itu tidak akan menarik bagi FA.

Pada 19 April 2021, pada pertandingan Premier League pertama setelah pengumuman liga yang memisahkan diri, para penggemar melakukan protes di luar lapangan melawan liga baru. Di Elland Road sebelum pertandingan antara Leeds United dan Liverpool, para penggemar meneriakkan "enam bajingan serakah" mengacu pada enam klub yang memisahkan diri, dan membakar kostum Liverpool.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya