Fakta Keganasan ManCity Usai Terkam PSG dan Rasakan Final Pertama UCL

Pemain Manchester City merayakan gol ke gawang PSG.
Sumber :
  • Twitter/@ChampionsLeague

VIVA – Manchester City mengukir sejarah dengan menembus final Liga Champions pertamanya sepanjang keikutsertaan klub di kompetisi Eropa. Kesuksesan ini membuka peluang bagi The Citizens menjadi juara baru di kompetisi kasta tertinggi Benua Biru.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Kevin De Bruyne cs melenggang ke partai pamungkas setelah menumbangkan Paris Saint-Germain dengan skor 2-0 pada leg kedua semifinal di Etihad Stadium, dini hari tadi. Hasil tersebut menjadikan ManCity unggul agregat 4-1.

Riyad Mahrez jadi bintang kemenangan dengan brace-nya pada laga ini. Dia tampil prima dalam mengisi strategi false nine tanpa adanya striker di laga ini.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Sementara, Les Parisiens harus tertunduk dengan rekor miris setelah kembali dapat kartu merah di leg kedua. Kali ini, Angel Di Maria yang berulah dengan menginjak kaki Fernandinho.

Kekalahan ini merupakan pukulan telak bagi PSG yang musim lalu berhasil jadi finalis. Hasil negatif ini membuat mimpi tim asuhan Mauricio Pochettino meraih treble dipastikan pupus.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Selain yang sudah disebutkan, masih banyak fakta menarik lainnya yang hadir usai duel dahsyat ini. Berikut yang sudah dirangkum dari Opta:

1. Kemenangan di laga ini membuat ManCity berhasil memecahkan rekor sebagai tim Inggris pertama yang memenangkan tujuh laga beruntun dalam sejarah Piala Eropa/Liga Champions.

2. Riyad Mahrez jadi pemain kedua yang mampu mencetak gol dalam dua leg semifinal Liga Champions untuk klub Inggris setelah Sadio Mane pada 2017-18. Keduanya merupakan pemain asal Benua Afrika.

3. Phil Foden mengukir catatan apik setelah menjadi pemain Premier League keenam yang berhasil mencetak dua digit soal gol (14) dan assists (10) di semua kompetisi musim ini. Dan dia jadi satu-satunya pemain ManCity yang bisa melakukan hal tersebut pada kampanye terkini.

4. Kartu merah yang diterima Angel Di Maria membuat PSG jadi tim ketiga yang mencatatkan kartu merah pada dua leg semifinal Liga Champions, setelah Deportivo vs Porto pada 2003-04 dan Lyon vs Bayern Munich pada 2009-10.

5. ManCity jadi tim kesembilan yang mencapai final Piala Eropa/Liga Champions. Jumlah ini membuat Inggris jadi negara terbanyak penyumbang tim di laga puncak melewati Jerman dan Italia (enam tim).

6. ManCity adalah tim Inggris pertama yang memenangkan 11 laga dalam satu kampanye Piala Eropa/Liga Champions.

7. Hasil negatif di laga ini menambah daftar kekalahan Mauricio Pochettino dari Pep Guardiola. Pelatih asal Spanyol jadi mimpi buruk Pochettino lantaran sudah 12 kali menumbangkannya sebagai manajer. Jumlah itu terbanyak dibandingkan kekalahan dari juru taktik lainnya.

8. Fernandinho masuk ke daftar pemain outfield tertua yang memenangkan pertandingan Liga Champions di hari ulang tahunnya pada usia 36 tahun. Dia menyamai torehan pemain Bayer Leverkusen, Ulf Kirsten pada Desember 2001.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya