On This Day : Tendangan Roket Pavel Nedved 'Goyang' Inggris

Pavel Nedved saat mencetak gol untuk Lazio di final Piala Winner 1999
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Para pemain Lazio merayakan kemenangan setelah mengalahkan Real Mallorca 2-1 di final Piala Winners di Villa Park, Birmingham, Inggris, pada 19 Mei 1999. Kemenangan ini membuat Lazio untuk pertama kalinya merengkuh trofi level Eropa.

On This Day: Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon Terbang Untuk Pertama Kalinya

Di pertandingan tersebut, striker Italia Christian Vieri membawa Lazio unggul cepat saat pertandingan baru berjalan tujuh menit. Bola melambung hasil tandukan Vieri gagal dihalau kiper Real Mallorca asal Argentina, Carlos Roa.

Sayang, keunggulan Lazio tidak bertahan lama. Empat menit berselang, Real Mallorca berhasil menyamakan kedudukan. Gol dicetak pemain asal Spanyol, Dani, pada menit ke-11 melaui serangan balik cepat. Skor pun kembali sama kuat 1-1.

On This Day: Kematian Tragis Legenda Hollywood Audrey Hepburn

Lazio pada akhirnya keluar sebagai pemenang setelah Pavel Nedved mencetak gol kemenangan di menit ke-81. Menyambut bola liar, Nedved langsung melepas tendangan keras. Bola meluncur deras dan menukik bak roket ke gawang Mallorca.

Lihat video cuplikan pertandingannya di bawah ini:

Resmi, Juventus Disanksi Pengurangan 10 Poin oleh FIGC

Gol ini membuat stadion Villa Park yang dipadati ribuan suporter Lazio pun langsung bergemuruh. Sementara suporter Real Mallorca hanya bisa tertunduk lesu setelah tim kesayangan mereka kebobolan di akhir laga dan kalah.

Di laga ini Lazio menurunkan skuad: Luca Marchegiani, Giuseppe Pancaro, Alessandro Nesta, Siniša Mihajlovi?, Giuseppe Favalli, Dejan Stankovi?, Matías Almeyda, Pavel Nedv?d, Roberto Mancini, Christian Vieri, dan Marcelo Salas.

Sementara itu, musim 1999 juga menjadi kali terakhir Piala Winners diadakan sebelum pada akhirnya dilebur ke dalam kompetisi di level atasnya, Piala UEFA pada musim berikutnya. Ajang ini pun berganti nama menjadi Liga Europa.

Baca artikel menarik tentang On This Day lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya