J League yang Kaya akan Maskot Tim

Maskot tim-tim J League
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA – Kompetisi sepakbola Jepang, J League memiliki keunikan dalam urusan maskot. Setiap klub di sana pasti memiliki maskot dan itu menjadi identitas mereka.

Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka

Maskot-maskot tersebut akan selalu hadir di stadion ketika tim sedang bertanding. Para suporter selalu menyempatkan diri untuk berfoto bersama.

Tidak cuma tim kandang yang maskotnya akan mejeng di stadion. Tim tamu pun akan membawa serta maskotnya dalam lawatan tersebut.

Justin Hubner Cetak Sejarah, Ragnar Oratmangoen Bernasib Tragis

Maskot tim juga kerap hadir dalam acara-acara yang digelar komunitas atau masyarakat lokal. Mereka menjadi utusan klub untuk meramaikan acara tersebut.

Berikut kami sajikan keunikan maskot tim yang kini ada di kompetisi kasta tertinggi J League:

Justin Hubner Pilih Cerezo Osaka, Jangan Remehkan Liga Jepang

1. Dole-kun (Hokkaido Consadole Sapporo)

Burung hantu menjadi pilihan Hokkaido Consadole Sapporo untuk menjadi maskot tim. Mereka memiliki jargon "Burung hantu dari Utara yang terus mengawasi langit Sapporo." Ini merujuk dari burung hantu pertama yang ditemukan di Hokkaido, yakni Bubo Blakistoni dan kini jadi spesies burung hantu terbanyak di Jepang.

2. Redia (Urawa Red Diamonds)

Dengan jargon "Melindungi berlian merah di Urawa" maskot tim mereka mengambil bagian berlan dan nama dari logo mereka dulu ketika masih bersama Mitsubishi. Selain Redia, mereka juga masih memiliki maskot serigala bernama Friendia dan juga serigala kembar, Schale dan Diarra yang dimunculkan saat mereka pertama kali menjadi juara J League.

3. Shikao (Kashima Antlers)

Shikao ini adalah rusa yang dicintai oleh suporter Kashima Antlers. Karena nama kota mereka, Kashima juga berarti Pulau Rusa. Dan rusa jantan yang memiliki tanduk dalam bahasa Inggris adalah Antlers.

4. Movi (Vissel Kobe)

Sapi menjadi pilihan Vissel Kobe untuk maskot tim. Kebetulan Kobe juga terkenal sebagai lota yang memiliki daging sapi berkualitas. Sapi Kobe adalah salah satu yang terkenal karena kenikmatannya ketika diolah menjadi wagyu.

5. Grampus-kun (Nagoya Grampus)

Grampus-kun adalah nama maskot Nagoya Grampus yang berbentuk paus. Dalam bahasa Jepang, hewan itu disebut Sachi. Ini juga sebagai lambang hewan mistis yang mencintai dan melindungi kastil Nagoya. Selain itu, ada juga maskot lain yang diberi nama Grampus-kun Jr dan Grampako-chan.

6. Lobby (Cerezo Osaka)

Cerezo Osaka memberi nama Lobby untuk seekor serigala liar yang jadi maskot mereka. Ceritanya sang maskot memiliki seorang ibu bernama Robinho dan adik laki-laki, Robita. Mereka berasal dari Spanyol.

7. Pal-chan (Shimizu S-Pulse)

Seekor kelinci yang diberi nama Pal-chan menjadi maskot dari Shimizu S-Pulse. Dia memiliki telinga seperti sayap yang melambangkan pemain sedang terbang cepat di lapangan. Nama Pal diambil dari bahasa Inggris yang berarti teman.

8. Vegatta (Vegalta Sendai)

Vegatta diambil dari logo klub di mana ada elang emas bertengger. Mereka mengibaratkan ada seekor elang emas yang berasal dari Sendai.

9. Rey-kub (Kashiwa Reysol)

Reysol merupakan gabungan dari dua kata bahasa Spanyol, Rey dan Sol yang artinya Raja Matahari. Jargon mereka untuk sang maskot adalah "Raja muda matahari dari Kashiwa."

10. King Bell I (Shinan Bellmare)

Bentuk desain King Bell I diambil dari dewa Yunani, Poseidon yang identik dengan tridente miliknya. Jargonnya pun cukup tegas, yakni "Keluarga kerjaan dari lautan, membawa energi ke Bellmare, jangan main-main dengan Raja Air."

11. Wintosu (Sagan Tosu)

Gambar burung dengan mata putih Jepang (Zosterops Japonica) ada di logo Sagan Tosu. Ini adalah burung resmi dari kota mereka, yakni Magpie. Persepsinya dalah tiga poin menjadi segalanya bagi tim.

12. Fulimaru (Yokohama FC)

Burung phoenix dari Yokohama menjadi maskot tim. Kata "Fuli" diambil dari nama awal klub ini, yaitu Yokohama Fullie Sports Club, dan tambahan "Maru" yang biasa ditemukan di nama-nama orang Jepang.

13. Front-Ta (Kawasaki Frontale)

Maskot tim ini berbentuk lumba-lumba yang menjadi identitas dari Kawasaki sebagai kota pelabuhan. Mereka memberinya nama Front-Ta.

14. Marinos-kun (Yokohama F. Marinos)

Burung camar yang menjadi identitas Yokohama sebagai kota pelabuhan dijadikan maskot. Marinos-kub punya keponakan bernama Marinosuke.

15. Gamba Boy (Gamba Osaka)

Seorang anak yang memegang petir menjadi maskot tim. Dia melambangkan tim yang siap untuk meyambar lawan-lawannya.

16. Tokyo Dorompa (F.C. Tokyo)

Anjing rakun yang disebut sebagai Tanuki oleh masyarakat Jepang dijadikan maskot dan diberi nama Tokyo Dorompa. Tanuki digambarkan sebagai makhluk yang nakal, kocak, riang gembira, dan pandai menyamar.

17. Neetan (Oita Trinita)

Oita yang terkenal dengan keindahan lautnya memiliki kura-kura yang banyak berenang di sana. Akhirnya hewan tersebut dijadikan sebagai maskot dengan diberikan cangkang berupa bola.

18. Sancce dan Frecce (Sanfrecce Hiroshima)

Beruang hitam Asia menjadi pilihan untuk maskot Sanfrecce Hiroshima. Dua maskot tersebut diberi nama Sancce dan Frecce.

19. Vorta-kun dan Tis-chan (Tokushima Vortis)

Tokushima Vortis memiliki sepasang Tanuki yang menjadi maskot tim. Mereka diberi nama Vorta-kun dan Tis-chan.

20. Avie-kun (Avispa Fukuoka)

Avie-kun merupakan hewan menyengat yang berkeliaran di kota. Tawon yang menjadi maskot tim itu menjadi identitas dengan harapan Avispa Fukuoka mampu selalu menyengat lawan-lawannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya