AS Roma dan Tottenham Tampil di Liga Konferensi Eropa, Ajang Apa Itu?

Striker Tottenham Hotspur, Harry Kane
Sumber :
  • twitter.com/premierleague

VIVA – Musim 2021/22 akan diramaikan dengan kompetisi baru Eropa. Selain Liga Champions dan Liga Europa, bakal ada UEFA Europa Conference League atau Liga Konferensi Eropa.

Karier Radja Nainggolan: Dari AS Roma, Inter Milan hingga Degradasi di SPAL dan Bhayangkara FC

Liga Konferensi Eropa bisa dibilang sebagai kompetisi kasta ketiga Eropa setelah Liga Champions dan Liga Europa. Untuk kali pertama sejak musim 1998/99 (musim terakhir Piala Winners) ada tiga kompetisi Eropa yang diselenggarakan UEFA.

Total ada 181 tim dari 55 anggota UEFA yang berpartisipasi di Liga Konferensi Eropa. Selain tim yang lolos berdasarkan posisi liga, ada juga tim buangan dari Liga Champions dan Liga Europa. Tim yang gagal di kualifikasi akan main di Liga Konferensi Eropa. Demikian juga tim yang finis di posisi ketiga fase grup Liga Europa.

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

Meskipun hanya kasta 3, ajang perdana nanti dipastikan menarik. Sebab, ada dua tim besar yang berpartisipasi yakni Tottenham Hotspur dan AS Roma. Mereka akan memulai dari babak playoff.

Spurs dan Roma harus puas berpartisipasi di Liga Konferensi Eropa, usai finis di posisi ketujuh di liga domestik. Khusus Roma akan menarik karena mereka ditangani pelatih bertangan dingin, Jose Mourinho.

Hasil Lengkap Liga Europa: Liverpool Menang tapi Menangis, AS Roma Singkirkan AC Milan

Untuk musim ini, tak ada wakil Spanyol yang tampil. Villarreal yang seharusnya mendapatkan jatah, bakal tampil di Liga Champions sebagai juara Liga Europa 2020/21.

"Kami ingin membuat kompetisi lebih inklusif. Untuk memberi klub dan fans kesempatan bermimpi dan bersaing dalam memperebutkan gelar Eropa," kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin dilansir situs resmi UEFA.

"Inilah mengapa kami membuat Liga Konferensi Eropa. Kami memiliki 55 asosiasi negara yang membentuk UEFA. Hal penting untuk memberi klub dari sebanyak mungkin federasi, untuk memperpanjang kesempatan tampil di Eropa selama mungkin," tegasnya.

Liga Konferensi Eropa 2020/21 dimulai dengan babak kualifikasi pertama pada 8 Juli 2021. Babak penyisihan grup berlangsung pada 16 September-9 Desember 2021. Nantinya ada delapan grup dengan masing-masing berisi empat tim.

Final edisi perdana ini berlangsung di Arena Kombetare, Tirana, Albania. Duel berlangsung pada 22 Mei 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya