Pahlawan Korea Selatan di Piala Dunia 2002 Meninggal Dunia

Mantan pemain Korea Selatan, Yoo Sang-chul
Sumber :
  • instagram.com/thekfa/

VIVA –  Kabar duka datang untuk sepakbola Korea Selatan. Salah satu pahlawan Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2002, Yoo Sang-chul meninggal dunia, Senin 7 Juni 2021 di Seoul.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Yoo meninggal dunia di usia 49 tahun. Sebelumnya, dia sudah berjuang melawan kanker pankreas stadium 4 sejak 21 November 2019.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

"Kami akan selamanya mengenang teriakan dan kejayaan di hari itu bersamamu. Beristirahatlah dengan tenang," bunyi media sosial Federasi Sepakbola Korsel (KFA).

Shin Tae-yong Galau Harus Hadapi Negara Sendiri

Yoo memperkuat Korsel dalam 124 pertandingan sejak 1994 hingga 2005. Dia mencatat 18 gol bersama negaranya.

Kenangan terindah Yoo untuk publik Korsel terjadi di Piala Dunia 2002. Dia membawa Korsel yang menjadi tuan rumah bersama Jepang melaju hingga semifinal. Ini merupakan pencapaian terbaik Taegeuk Warriors di Piala Dunia.

Dalam duel perdana Korsel di Piala Dunia 2002, Yoo sukses mencetak gol kedua. Golnya membawa Korsel menang 2-0 atas Polandia di Busan Asiad Main Stadium.

Yoo juga menginspirasi kemenangan Korsel atas Portugal di fase grup. Dia juga membawa negaranya menaklukkan Italia 2-1 di babak 16 besar lewat babak tambahan.

Keajaiban Korsel berlajut di perempatfinal. Armada Guus Hiddink menekuk Spanyol 5-3 (0-0) lewat adu penalti di Gwangju World Cup Stadium.

Langkah Korsel akhirnya terhenti di semifinal usai kalah 0-1 dari Jerman. Dalam perebutan posisi ketiga, Korsel takluk 2-3 dari Turki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya