Copa America 2021 Tak Jelas, Brasil Bisa Batal Jadi Tuan Rumah

Brasil juarai Copa America 2019
Sumber :
  • twitter.com/CopaAmerica/

VIVA – Kurang dari sepekan jelang Copa America 2021, masalah kembali muncul. Brasil yang ditunjuk sebagai tuan rumah darurat terancam gagal mengadakan turnamen ini.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Pemicunya adalah gelombang protes terkait ditunjuknya Brasil sebagai tuan rumah. Apalagi, kasus COVID-19 di Brasil sedang tinggi-tingginya.

Mahkamah Agung Brasil mendengarkan protes terkait hal ini. Mereka akan mengadakan sidang dan bisa saja Brasil gagal menjadi tuan rumah Copa America.

Mobil Rubicon Mario Dandy Dilelang! Harga Limitnya Rp809 Juta

"Melihat sifat kasus yang luar biasa, saya mengabulkan permintaan untuk memasukkan masalah ini pada sidang virtual pengadilan yang bakal diadakan Selasa 10 Juni," kata Hakim Utama Mahkamah Agung Brasil, Luiz Fux dilansir DW.

Mahkamah Agung setuju untuk mendengarkan dua kasus yang diajukan oleh serikat pekerja logam nasional CNTM dan anggota kongres oposisi Julio Delgado dan Partai Sosialis Brasil (PSB).

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

CNTM berpedapat, jika Brasil menjadi tuan rumah Copa America bisa meningkatkan infeksi dan kematian COVID-19. Sedangkan Delgado dan PSB menyebut tuan rumah Copa America bisa melanggar hak dasar untuk hidup dan kesehatan.

Awalnya, Copa America 2021 akan digelar di Argentina dan Kolombia pada 13 Juni-10 Juli 2021. Kolombia dicoret karena aksi demonstrasi besar-besaran terhadap sang Presiden, Ivan Duque. Sedangkan Argentina khawatir dengan penyebaran COVID-19 yang meluas.

Brasil akhirnya ditunjuk sebagai tuan rumah darurat. Namun, ditunjuknya Brasil juga menuai masalah. Saat ini, sudah ada 477.307 kematian karena COVID-19 di Brasil, tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya