Timnas Malaysia Vs Vietnam, Harimau Malaya dalam Posisi Sulit

Timnas Malaysia melawan Uni Emirat Arab
Sumber :
  • twitter.com/FAM_Malaysia

VIVA – Timnas Malaysia vs Vietnam jadi pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang banyak mendapat sorotan dari publik. Sebab ini ibarat laga hidup atau mati bagi Tim Harimau Malaya.

Saat ini Malaysia ada di urutan keempat klasemen Grup G dengan raihan sembilan poin. Di sisa dua pertandingan, mereka harus bisa selalu menang.

Dengan begitu, asa untuk melangkah ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia tetap terbuka. Ujian pertama datang dari Timnas Vietnam.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Kedua tim akan saling berhadapan di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab pada Jumat malam WIB 11 Juni 2021. Jika gagal menang, langkah Malaysia akan terhenti di fase ini.

Hitung-hitungan Peluang

6 Tim Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Gimana Peluang Timnas Indonesia?

Malaysia mesti menang dalam laga melawan Vietnam karena dengan begitu mereka akan punya 12 poin. Sedangkan Vietnam yang kini bertengger di puncak klasemen tetap dengan 14 poin.

Untuk urutan di klasemen, Malaysia tinggal menanti hasil akhir dari pertandingan Uni Emirat Arab melawan Timnas Indonesia di waktu yang sama. Jika pun Skuad Garuda kalah, Harimau Malaya ada di urutan ketiga dan asa untuk ke babak selanjutnya terbuka.

Tinggal penentuannya pada pertandingan pamungkas Grup G melawan Timnas Thailand. Kemenangan menjadi harga mati bagi Malaysia dalam pertandingan tersebut demi bisa mengumpulkan 15 poin.

Dan mereka kembali berharap diuntungkan dengan pertandingan lain antara Vietnam melawan Timnas Uni Emirat Arab. Harapannya tentu saja Vietnam menjadi pihak yang kalah, karena nantinya poin mereka tetap 14.

Jika pertandingan Uni Emirat Arab kalah atau bermain imbang melawan Vietnam, langkah Malaysia pun dipastikan terhenti. Karena akan ada kesamaan perolehan 15 poin, baik itu dengan Uni Emirat Arab atau Vietnam.

Sistem penentuan peringkat Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia ditentukan lewat selisih gol. Malaysia sudah ketinggalan jauh dari Vietnam dan Uni Emirat Arab untuk soal ini.

Perubahan besar bisa dilakukan Harimau Malaya jika mereka mampu menang besar di dua pertandingan sisa. Tapi itu sulit, karena mereka kini punya minus dua gol.

Sementara Vietnam surplus delapan gol. Sedangkan Uni Emirat Arab lebih banyak lagi, yakni surplus mencapai 10 gol.

Bersaing dengan Runner Up Grup Lain

Andai nantinya Malaysia berhasil menjadi runner up Grup G, mereka tetap akan bersaing dengan tim berstatus sama dari grup lain. Dari sana akan ada lima tim yang diambil untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Penghitungan utama yang diambil adalah perolehan poin selama di grup masing-masing. Saat ini Lebanon dari Grup H paling tinggi dengan 10 poin.

Berikutnya ada tiga tim dari grup lain yang telah mengumpulkan sembilan poin, yaitu Uzbekistan, Iran, dan Oman. Disusul China dan Jordania yang punya tujuh poin, dan Tajikistan mengoleksi empat angka.

Posisi Malaysia akan jadi sulit juga dalam penentuan ini. Karena aturan dari AFC, hasil pertandingan melawan tim yang menempati urutan buncit klasemen tidak dihitung.

Itu artinya enam poin hasil dua kemenangan Malaysia atas Indonesia tak masuk hitungan. Total angka yang didapat Harimau Malaya menjadi sembilan, dan harus diadu dengan runner up dari grup lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya