Profil Timnas Wales, Skuad yang Bikin Kejutan di Piala Eropa

Timnas Wales
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Sempat tertunda karena Pandemi COVID-19, Piala Eropa 2020 akhirnya akan dimulai pada Sabtu, 12 Juni dini hari WIB hingga 12 Juli 2021. Sebanyak 24 Timnas dari seluruh Eropa bakal bersaing untuk jadi yang terbaik.

Jadi Bagian dari Real Madrid Tak Selamanya Menyenangkan

Kompetisi sepakbola antarnegara di Benua Eropa tersebut digelar di 11 kota berbeda. Kota tersebut antara lain London, Saint Petersburg, Baku, Muenchen, Roma, Amsterdam, Bucharest, Budapest, Copenhagen, Glasgow dan Sevilla.

Salah satu yang akan berlaga di Piala Eropa 2020 ini adalah Timnas Wales. Skuad ini Tergabung di Grup A yang akan menghadapi Turki, Italia dan Swiss.  

Gareth Bale Umumkan Pensiun, Real Madrid: Terimakasih Legenda Hebat

Ini merupakan kali kedua Wales mengikuti ajang Piala Eropa. Wales berhasil lolos untuk mengikuti Piala Eropa 2020 setelah berhasil sebagai runner up Grup E pada babak kualifikasi. 

Tim berjuluk The Dragons ini mampu mengumpulkan 14 poin dari hasil empat kemenangan, dua hasil imbang, dan menelan dua kekalahan.

Resmi Pensiun, Gareth Bale Ingkari Janjinya

Wales mampu mengungguli pesaingnya di Grup D, seperti Timnas Slovakia yang berada satu tingkat di bawahnya dengan selisih satu poin, diikuti Timnas Hungaria, dan Timnas Azerbaijan. Namun, Gareth Bale dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Timnas Kroasia yang keluar sebagai pemuncak klasemen dengan perolehan 17 poin.

Lantas seperti apa profil Timnas Wales?

Timnas Wales akan melakoni laga perdana kontra Swiss dalam laga grup A, Sabtu malam pukul 20.00 WIB. Laga nanti dihelat di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan.

Dilansir dari berbagai sumber, prestasi terbaik sepanjang sejarah sepakbola Wales, hanya berhasil mengikuti dua kejuaraan besar internasional yakni mencapai perempatfinal Piala Dunia FIFA 1958 serta pada tahun 2016 mencapai semifinal Piala Eropa.

Tim yang dikelola oleh Asosiasi Sepakbola Wales (FAW) ini secara rutin melahirkan bintang-bintang sepak bola papan atas yang bermain untuk berbagai liga besar di Eropa. Hampir seluruh pemain Wales bermain untuk kompetisi sepakbola Liga Inggris. 

Selain itu, Wales telah melahirkan beberapa nama-nama pemain hebat diantara Ryan Giggs, Aaron Ramsey, Bale, Ashley Williams, dan masih banyak lainnya.

Pada Piala Eropa 2016, Wales memberikan kejutan usai berhasil menembus partai semifinal dengan mengalahkan salah satu favorit Belgia dengan skor 3-1 sebelum akhirnya dikalahkan oleh Timnas Portugal yang menjadi kampiun Piala Eropa edisi ke-16 tersebut.

Tentunya, keberhasilan Wales mencapai partai semifinal tak terlepas dari skuad yang diisi pemain berlabel bintang, seperti Bale serta Ramsey.

Serupa dengan edisi sebelumnya, Euro 2020 kali ini Timnas Wales masih akan dipenuhi oleh sejumlah pilar yang berlaga di klub-klub elite Eropa, yang sebagian besar tampil di ajang Premier League.

Untuk sektor pertahanan, terdapat sosok bek kiri yang memperkuat Tottenham Hotspur, Ben Davies. Di bagian gelandang terdapat pemain sayap Manchester United yang tampil cukup memukau di musim 2020/2021, Daniel James dan sosok jendral lini tengah, Aaron Ramsey sedang berpetualang di Italia bersama Juventus.

Di lini depan terdapat sosok megabintang, Bale. Pemain yang di musim 2020/2021 dipinjamkan Real Madrid ke Tottenham Hotspur ini masih akan menjadi andalan Wales untuk megobrak-abrik lini pertahanan lawan.

Bale sendiri miliki prestasi yang gemilang di timnas. Berdasarkan data dari Transfermakrt, pemain berusia 31 tahun ini adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Wales. Ia berhasil membukukan 33 gol dari 92 penampilan.

Tanpa Ryan Giggs

Asosiasi Sepakbola Wales (FAW) telah mengumumkan bahwa skuad Tim Nasional Wales tidak akan dibesut oleh Ryan Giggs pada tPiala Eropa 2020 ini. Posisinya pun akan digantikan oleh Robert Page, yang sudah menjadi manajer sementara Timnas Wales pada dua periode jeda internasional.

Giggs dipastikan takkan menemani skuad Timnas Wales di Piala Eropa 2020 lantaran dia didakwa terlibat melakukan penyerangan terhadap dua wanita.

"FAW dapat mengonfirmasi bahwa Robert Page akan mengambil peran manajer untuk turnamen Euro 2020 pada musim panas ini," tulis pernyataan FAW, seperti dikutip BBC, Sabtu 24 April 2021.

"Rapat dewan FAW akan diadakan untuk membahas perkembangan ini terkait dampaknya terhadap asosiasi dan tim nasional. FAW tidak akan membuat komentar lebih lanjut saat ini."

Daftar Skuad

Kiper: Wayne Hennessey (Crystal Palace), Danny Ward (Leicester City), Adam Davies (Stoke City).

Pemain bertahan: Chris Gunter (Charlton Athletic), Neco Williams (Liverpool), Ben Davies (Tottenham Hotspur), Tom Lockyer (Luton Town), Joe Rodon (Tottenham Hotspur), Connor Roberts (Swansea City), Ethan Ampadu (Chelsea), Rhys Norrington-Davies (Sheffield United), Chris Mephan (Bournemouth), Ben Cabango (Swansea City).

Pemain tengah: Joe Allen (Stoke City), Harry Wilson (Liverpool), Aaron Ramsey (Juventus), Joe Morrell (Luton Town), Jonny Williams (Cardiff City), David Brooks (Bournemouth), Daniel James (Manchester United), Dylan Levitt (Manchester United), Rubin Colwill (Cardiff City), Matthew Smith (Manchester City).

Pemain depan: Tyler Roberts (Leeds United), Gareth Bale (Real Madrid), Kieffer Moore (Cardiff City).
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya