On This Day: Timnas Italia Dipermalukan Debutan Piala Eropa

Pemain Republik Ceko rayakan kemenangan atas Italia di Piala Eropa 1996.
Sumber :
  • UEFA.com

VIVA –  Timnas Republik Ceko langsung menggebrak saat melakoni debut di Piala Eropa 1996. Sebelumnya, mereka tampil dengan bendera Cekoslovakia.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Kejutan terbesar Ceko saat itu adalah menaklukkan Timnas Italia di Anfield Stadium, 14 Juni 1996. Tim besutan Dusan Uhrin menang tipis 2-1 di matchday kedua penyisihan Grup C.

Berbekal sebagai runner up Piala Dunia 1994, Italia jelas lebih diunggulkan. Apalagi, hasil yang diraih Ceko dan Italia di laga perdana berbanding terbalik. Ceko takluk 0-2 dari Jerman, sedangkan Italia sukses menekuk Rusia 2-1.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Entah kelewat percaya diri, pelatih Italia, Arigo Sacchi membuat keputusan kontroversial. Dilansir situs resmi UEFA, dia mencadangkan empat pemain yang turun saat melawan Rusia, yakni  Alessandro Del Piero, Angelo Di Livio, Gianfranco Zola dan Pierluigi Casiraghi.

Sebagai gantinya, Sacchi menurukan  Fabrizio Ravanelli, Enrico Chiesa, Roberto Donadoni and Dino Baggio. Keputusan ini dipertanyakan, apalagi Casiraghi memborong dua gol saat melawan Rusia.

Man Utd Dapat Rejeki Nomplok Usai Dortmund Picu Klausul Jadon Sancho, Cuan Besar Menanti

Ceko mampu unggul cepat saat laga baru berjalan lima menit. Umpan silang Karel Poborsky dituntaskan dengan sempurna oleh Pavel Nedved. Ini menjadi gol pertama Nedved di kancah internasional.

Italia menyamakan kedudukan di menit 15. Umpan terobosan Diego Fuser diselesaikan dengan tendangan mendatar Enrico Chiesa.

Petaka untuk Italia datang di menit 29. Gli Azzurri harus bermain dengan 10 orang usai Luigi Apolloni menerima kartu kuning kedua.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh Ceko. Mereka mampu memastikan kemenangan lewat gol Radek Bejbl di menit 35.

Kemenangan atas Italia ini berdampak penting bagi Ceko. Mereka lolos ke perempatfinal sebagai runner up Grup C.

Sementara itu, Italia harus angkat koper dengan cepat. Meskipun sama-sama mengumpulkan 4 poin, Gli Azzurri kalah dari Ceko untuk urusan head to head.

Ceko pun terus melenggang hingga final. Namun, mereka harus puas menjadi runner up usai kalah 1-2 dari Jerman. Gol emas Oliver Bierhoff di babak tambahan memastikan kemenangan Jerman.

Raihan runner up menjadi prestasi terbaik Ceko di Piala Eropa. Sebelumnya, mereka menjadi juara pada 1976, namun masih menggunakan nama Cekoslovakia.

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya