Pernah Senasib, Fabrice Muamba Beri Dukungan Christian Eriksen

Staf medis sedang merawat Fabrice Muamba disaksikan pemain Spurs dan Bolton.
Sumber :

VIVA – Momen mengerikan terjadi di laga penyisihan Grup B Piala Eropa 2020. Gelandang Timnas Denmark, Christian Eriksen tiba-tiba tersungkur di tengah lapangan saat menghadapi Finlandia di Parken Stadium, Sabtu malam WIB 12 Juni 2021. Eriksen diketahui mengalami serangan jantung.

Sebelum Meninggal, Donny Kesuma Ngaku Tekuni Pekerjaan di Dunia Malam Selama 20 Tahun

Ketika itu tidak terjadi kontak sama sekali dengan pemain lain. Eriksen terjatuh lalu ditolong oleh Simon Kjaer dengan menarik lidah. Tujuannya agar saluran pernafasan bisa berfungsi dengan baik.

Kondisi ini sempat dialami Fabrice Muamba sembilan tahun silam. Muamba terjatuh saat Bolton Wanderers menghadapi Tottenham Hotspur dalam duel perempatfinal Piala FA di White Hart Lane, 17 Maret 2012.

Duka Mendalam Baim Wong dan Armand Maulana atas Kepergian Donny Kesuma

Muamba didiagnosis telah mengalami gagal jantung. Jantung mantan punggawa Arsenal ini bahkan sempat berhenti selama 78 menit. Penanganan intensif dari tim medis dan dukungan semua pihak membuat nyawa pria yang sempat memperkuat tim Inggris U-21 ini masih bisa diselamatkan.

Muamba merasa cemas melihat apa yang dialami Eriksen. Dia berharap pemain Inter Milan tersebut baik-baik saja.

Riwayat Sakit Donny Kesuma Sebelum Meninggal, Alami Lemah Jantung Hingga Pernah Pasang Ring

Photo :
  • sports.ndtv.com

"Dia (Eriksen) bisa hidup adalah hal terbaik yang bisa hadir di Piala Eropa 2020. Terlepas siapapun yang menjuarai turnamen, Christian tetap baik-baik saja dan sehat, ini adalah berita bagus," kata Muamba dilansir Sky Sports.

"Itulah Piala Eropa saat ini. Bisa memastikan Christian pulang ke rumah dengan selamat dan membantu kesembuhannya dari sana," tegasnya.

Muamba menyaksikan di televisi saat Eriksen roboh. Dia pun merasa kaget dan teringat kenangan buruknya saat mengalami kejadian serupa.

"Saya menontonnya dan itu terjadi. Lalu, telepon saya berbunyi. Seperti orang gila, saya berkata, 'Tidak, tolong ini jangan terjadi lagi," tutur Muamba.

"Ada kenangan yang tak ingin Anda ingat lagi. Ini adalah perasaan yang saya simpan di belakang dan saat seseorang mengalaminya saya bicara, 'Tolong lalui ini' dan apapun sisanya akan menjadi bonus," tegasnya.

Setelah berkonsultasi dengan dokter jantung di Belgia, Muamba memutuskan pensiun dari dunia sepakbola pada 15 Agustus 2012. Hal serupa sepertinya haru dialami Eriksen.

Dokter Scott Murray, konsultan NSH spesialis pencegahan masalah jantung menjelaskan bahwa di Italia ada undang-undang melarang seseorang berpartisipasi dalam kegiatan olahraga bila mengalami masalah signifikan dengan jantung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya