Tua-tua Keladi, Ini Rentetan Rekor Cristiano Ronaldo di EURO 2020

Pemain Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • twitter.com/EURO2020

VIVA – Cristiano Ronaldo menjadi bintang saat Timnas Portugal mengalahkan Hungaria dalam pertandingan Grup F EURO 2020. Bermain di Puskas Arena, Budapest, Selasa malam WIB 15 Juni 2021, Selecao menang dengan skor 3-0.

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Ronaldo menyumbangkan dua gol pada pertandingan tersebut ketika sudah memasuki menit akhir. Satu golnya berasal dari eksekusi tendangan penalti yang salah ditebak oleh kiper Hungaria, Peter Gulacsi.

Gulacsi kembali diperdaya oleh Ronaldo ketika mencetak gol keduanya. Dengan sekali liukan, dia mengecoh kiper asal klub RB Leipzig tersebut dan melepaskan tendangan mendatar.

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta

Satu gol Portugal lainnya disumbangkan oleh pemain pengganti, Rafa Silva. Gol dia pula yang menjadi pemecah kebuntuan skuad asuhan Fernando Santos pada pertandingan ini.

Dengan tambahan dua gol ini, Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah gelaran EURO. Total dia menyarangkan 11 gol, atau unggul atas mantan pemain Prancis, Michel Platini yang punya sembilan gol.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Sejarah kedua yang dicatatkan oleh Ronaldo pada pertandingan ini adalah pemain paling banyak bermain di EURO. Total sudah lima edisi dia bermain, mulai dari 2004 di mana Portugal mencapai final dan kalah dari Yunani.

Terus bermain dalam lima edisi EURO, Ronaldo juga selalu berhasil mencetak gol. Fakta itu menempatkan dia menjadi pemain pertama yang juga melakukannya.

Tiga catatan itu menambah rekam jejak sejarah pemain berjuluk CR7. Dia juga semakin memimpin jumlah penampilan terbanyak di EURO menjadi 22. Jumlah terdekat cuma Bastian Schweinsteiger sebanyak 18 kali dan 17 kali dari Gianluigi Buffon. Keduanya pun sudah pensiun.

Di usia 36 tahun, Ronaldo masih berpeluang untuk menambah perolehan gol dan jumlah penampilan di EURO. Karena Portugal masih punya dua pertandingan Grup F melawan Prancis dan Jerman.

Menarik untuk menanti aksi apalagi yang ditunjukkan oleh megabintang asal klub Juventus tersebut. Melawan Hungaria dia sudah buktikan, meski dijaga ketat, tapi dua gol mentik akhir jadi pembuktian akan kematangannya dalam bermain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya