Grup F EURO 2020: Timnas Prancis Benamkan Jerman di Allianz Arena

Kiper Timnas Jerman, Manuel Neuer saat melawan Prancis di EURO 2020
Sumber :
  • instagram.com/euro2020

VIVA – Timnas Prancis berhasil mengalahkan Jerman dalam pertandingan Grup F EURO 2020. Bermain di Allianz Arena, Munich, Rabu dini hari WIB 16 Juni 2021, Les Blues menang dengan skor tipis 1-0.

Zidane Cuma Ingin Melatih 3 Tim Ini, Manchester United Jadi Pilihan?

Kedua tim bermain dengan tensi tinggi sejak awal babak pertama. Para pemain dari kedua tim menunjukkan kengototan dalam berduel memperebutkan bola.

Prancis dengan formasi 4-4-2 diamond bermain lebih fleksibel dari Timnas Jerman. Skuad asuhan Didier Deschamps bisa mengeksploitasi lini tengah Der Panzer yang cuma mengandalkan Toni Kroos dan Ilkay Guendogan.

Kylian Mbappe Tinggalkan PSG, Klub Tak Pernah Juara Liga Champions Siap Nampung

Sampai akhirnya pertandingan memasuki menit 20, sebuah umpan jauh dilepaskan Paul Pogba ke sisi kanan pertahanan Jerman. Di sana sudah merangsek masuk ke dalam kotak penalti, Lucas Hernandez.

Bek kiri Prancis tersebut coba meneruskannya dengan umpan silang ke arah Kylian Mbappe yang ada di tengah kotak penalti. Bek Jerman, Mats Hummels coba melakukan sapuan, tapi bola malah masuk ke gawang tim sendiri.

Hasil Drawing UEFA Nations League: Timnas Italia dan Prancis Tergabung di Grup Neraka

Memulai babak kedua dalam keadaan tertinggal, Jerman melakukan perubahan strategi. Pelatih Joachim Loew menginstruksikan anak asuhnya bermain dengan garis pertahanan tinggi.

Cara itu ampuh untuk memutus upaya serangan balik Prancis dengan cepat. Metode yang sangat jauh dibanding babak pertama, di mana trio gelandang tim tamu, Pogba, Adrian Rabiot, dan N'Golo Kante leluasa mengatur ritme permainan.

Sepanjang 25 menit terakhir pertandingan, Jerman terus memberi tekanan kepada Prancis yang mulai menerapkan compact defense. Loew melakukan perubahan dengan memasukkan Leroy Sane, Timo Werner, hingga Kevin Volland untuk mengisi lini depan.

Tapi sampai akhirnya wasit meniupkan peluit panjang, gol yang mereka harapkan tak tercipta. Bahkan mereka sempat dua kali kebobolan karena serangan balik Prancis. Beruntung wasit menganulirnya karena terjadi offside terlebih dulu.

Dengan hasil ini, Prancis menempati urutan kedua Grup F di bawah Portugal. Sama-sama mengoleksi tiga angka, tapi Karim Benzema dan kawan-kawan kalah selisih gol.

Susunan Pemain

Jerman: Manuel Neuer; Mats Hummels, Antonio Ruediger, Matthias Ginter (Emre Can 88’), Ilkay Guendogan, Toni Kroos, Robin Gosens (Kevin Volland 88’), Joshua Kimmich, Thomas Mueller, Serge Gnabry (Timo Werner 74’), Kai Havertz (Leroy Sane 74’).

Prancis: Hugo Lloris; Presnel Kimpembe, Raphael Varane, Lucas Hernandez, Benjamin Pavard, N'Golo Kante, Adrien Rabiot (Ousmane Dembele 90+4’), Paul Pogba, Kylian Mbappe, Karim Benzema (Corentin Tolisso 89’), Antoine Griezmann.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya