Main di Kandang, Timnas Rusia Menang Tipis Atas Finlandia

Pertandingan EURO 2020 antara Timnas Finlandia vs Rusia.
Sumber :
  • Twitter/@EURO2020

VIVA – Timnas Rusia menjamu Finlandia dalam matchday kedua Grup B EURO 2020 di Saint-Petersburg Stadium, Rabu 16 Juni 2021. Di laga tersebut, Rusia sukses menaklukkan Finlandia dengan skor tipis.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Finlandia yang bertindak sebagai tamu tampil lepas dalam melancarkan serangan di awal pertandingan. Sedangkan, Rusia mencoba bermain agresif demi mengimbangi kecepatan yang ditunjukkan Finlandia.

Laga memasuki menit kelima, Finlandia sanggup membobol gawang Rusia melalui tandukkan Joel Pojhanpalo usai memaksimalkan umpan silang Jukka Ratiala. Namun, setelah meninjau VAR, wasit menganulir gol tersebut karena Ratiala sudah berada dalam posisi offside sebelum mengirimkan umpan.

Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

Usai dikejutkan lewat gol tidak sah dari Finlandia, Rusia langsung mengambil inisiatif penguasaan bola. Pada menit 10, sontekan Magomed Ozdoev nyaris berbuah gol, tapi masih bisa digagalkan oleh kiper Finlandia, Lukas Hradecky.

Menit 31, Rusia kembali mendapatkan peluang. Akan tetapi, sundulan Igor Diveev usai menerima umpan Aleksandr Golovin arahnya masih melayang tipis di atas mistar gawang Finlandia.

Ada yang Menelepon, Toni Kroos Kembali Main di Timnas Jerman

Enam menit berselang, Rusia lagi-lagi memberikan ancaman ke gawang Finlandia. Sayangnya, kerja sama apik Golovin dan Daler Kuzyaev penyelesaian akhirnya masih digagalkan lewat blok cantik yang dilakukan Jere Uronen.

Gol yang ditunggu Rusia akhirnya terwujud saat pertandingan sudah memasuki injury time. Adalah Aleksey Miranchuk yang sukses menggetarkan jala gawang Finlandia setelah sepakan terukurnya usai memanfaatkan umpan terobosan Artem Dzyuba berhasil menjadi gol pertama di laga ini.

Di sisa waktu yang ada, Rusia mampu mempertahankan keunggulan 1-0 atas Finandia. Selepas jeda, Rusia tetap tampil dengan determinasi tinggi, sedangkan Finlandia mencoba melakukan berbagai upaya demi menyamakan skor.

Babak kedua baru berjalan sekitar empat menit, Finlandia sudah mampu memperoleh peluang. Namun, tembakan yang dilepaskan Teemu Pukki belum menyulitkan kiper Rusia Matvey Safonov.

Menit 54, Finlandia kembali mendapatkan kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, tendangan dari dalam kotak penalti yang dilepaskan Teemu Pukki masih dapat diamankan dengan cekatan Matvey Safonov.

Pada menit 72, giliran Rusia yang mendapatkan peluang untuk menggandakan keunggulan. Sayangnya, sepakan terukur Artem Dzyuba usai memaksimalkan umpan terobosan Daler Kuzyaev masih dapat dimentahkan oleh kiper Finlandia Likas Hradecky.

Dalam waktu yang tersisa, Finlandia terus berupaya keras untuk mencari gol penyeimbang. Akan tetapi, kedisiplinan pemain Rusia dalam menjaga pertahanan membuat tak ada lagi gol yang tercipta hingga laga berakhir. Rusia sukses memenangkan duel melawan Finlandia dengan skor 1-0. 

Hasil ini membuat Rusia untuk sementara berada di urutan kedua klasemen Grup B dengan perolehan 3 poin dari dua laga, sedangkan Finlandia harus tergusur ke urutan ketiga dengan koleksi poin yang sama. Posisi pertama Grup B masih dihuni Belgia, dan juru kunci ditempati Denmark.

Susunan pemain

Finlandia: Lukas Hradecky (PG); Daniel O’Shaughnessy, Paulus Arajuuri, Joona Toivio (Fredrik Jensen 84'); Jere Uronen, Rasmus Schuller (Joni Kauko 67'), Glen Kamara, Jukka Ratiala (Pyry Soiri 75'); Robin Lod; Joel Pojhanpalo, Teemu Pukki (Lassi Lappalainen 75').

Rusia: Matvey Safonov (PG); Mario Fernandes (Vyacheslav Karavaev 26'), Igor Diveev, Georgi Dzhikiya, Daler Kuzyaev; Magomed Ozdoev (Rifat Zhemaletdinov 61'), Dimitri Barinov, Roman Zobnin; Aleksey Miranchuk (Maksim Mukhin 85'), Artem Dzyuba (Alexander Sobolev 85'), Aleksandr Golovin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya