Wales Kalahkan Turki, Penalti Gareth Bale Melambung Tinggi

Gareth Bale eksekusi penalti dalam laga Turki vs Wales
Sumber :
  • twitter.com/EURO2020

VIVA – Timnas Wales memenangkan pertandingan kedua Grup A EURO 2020 atas Turki dengan skor 2-0. Pertandingan ini dilangsungkan di Baku Olympic Stadium pada Rabu malam WIB 16 Juni 2021.

Harga Emas Hari Ini 24 April 2024: Global dan Antam Kompak Anjlok

Kedua tim bermain terbuka dan saling jual beli serangan sejak pertandingan dimulai. Pada menit keenam sudah muncul satu peluang emas dari Wales melalui Aaron Ramsey. Sayang tendangannya masih bisa dihalau kiper Turki, Ugurcan Cakir.

Timnas Turki tak mau terbawa ritme permainan cepat dari Wales. Mereka menerapkan umpan-umpan pendek sembari menanti celah yang bisa dieksploitasi.

Persib Bandung Tetap Waspadai Borneo FC yang Pincang

Meningkatnya tempo permainan membuat jalannya pertandingan semakin seru. Ramsey kembali mendapatkan peluang emas pada menit 24, tapi lagi-lagi gagal menjadi gol.

Pemain asal klub Juventus itu akhirnya membayar tuntas dua kegagalan sebelumnya. Pada menit 43, umpan cantik dari Gareth Bale diteruskan menjadi gol.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

Keunggulan Wales dengan skor 1-0 atas Turki menjadi hasil babak pertama. Secara statistik penguasaan bola dan percobaan peluang, perbandingannya amat tipis.

Memulai babak kedua, pelatih Turki, Senol Gunes melakukan dua pergantian pemain. Merih Demiral menggantikan Okay Yokuslu, sedangkan Ocan Tufan ditarik keluar dan digantikan Yusuf Yacizi.

Dengan skema barunya, Turki berhasil lebih agresif lagi dalam melancarkan serangan. Akan tetapi, dari beberapa peluang yang tercipta, penyelesaian akhirnya masih buruk.

Pada menit 60, Turki mendapatkan hukuman penalti dari wasit. Pelanggaran dilakukan oleh Zeki Celik terhadap Gareth Bale yang sedang melakukan akselerasi.

Bale yang kemudian langsung menjadi eksekutor penalti tersebut. Namun, tendangan pemain berusia 31 tahun itu masih jauh dari sasaran. Bola melambung di atas mistar gawang Turki.

Memasuki menit 80, Turki memberi tekanan intensif ke lini pertahanan Wales. Sebuah peluang emas tercipta pada menit 80, melalui sundulan Merih Demiral meneruskan umpan sepak pojok Hakan Calhanoglu.

Bola meluncur deras ke arah gawang, tapi dengan sigap kiper Wales, Danny Ward meninjunya. Turki harus puas peluang itu berakhir dengan sepak pojok kembali.

Pertandingan menjadi memanas di pengujung babak kedua. Para pemain Turki dan Wales bersitegang di atas lapangan. Akibatnya  kapten Turki, Burak Yilmaz dan Ben Davies serta Chris Mepham dari Wales mendapat kartu kuning dari wasit.

Pada menit 90+5, Wales menambah keungulannya atas Turki menjadi 2-0 melalui gol dari Connor Roberts usai menerima operan dari Bale. Dengan tambahan tiga angka, tim berjuluk The Dragons memimpin klasemen Grup A EURO 2020 dengan empat angka.

Sedangkan Turki semakin terpuruk di dasar klasemen. Menjalankan dua pertandingan, mereka selalu kalah.

Susunan Pemain

Turki: Ugurcan Cakir; Caglar Soyuncu, Kaan Ayhan, Okay Yokuslu (Merih Demiral 46'), Umut Meras (Merit Muldur 73'), Zeki Celik, Hakan Calhanoglu, Ozan Tufan (Yusuf Yazici 46'), Kenan Karaman (Ibrahim Dervisoglu 75'), Cengiz Under (Irfan Can Kahveci 83'), Burak Yilmaz.

Wales: Danny Ward; Joe Rodon, Chris Mepham, Joe Allen (Ethan Ampadu 73'), Ben Davies, Connor Roberts, Aaron Ramsey (Harry Wilson 85'), Joe Morrell, Gareth Bale, Daniel James (Neco Williams 90+4'), Kieffer Moore.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya