Timnas Belanda ke 16 Besar EURO 2020 Usai Kalahkan Austria

Pemain Belanda merayakan gol ke gawang Austria
Sumber :
  • twitter.com/EURO2020

VIVA – Timnas Belanda memastikan satu tiket ke babak 16 besar EURO 2020. Posisi itu mereka dapatkan usai mengalahkan Austria dalam pertandingan lanjutan Grup C di Johan Cruiff Arena, Jumat dini hari WIB 18 Juni 2021.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Belanda berhasil mengalahkan Timnas Austria dengan skor dua gol tanpa balas. Hasil ini didapatkan skuad asuhan Frank de Boer bukannya secara mudah.

Austria coba meladeni permainan Belanda dengan serangan balik cepat. Tapi pada menit sembilan, pelanggaran di dalam kotak penalti dilakukan David Alaba.

10 Pertemuan Terakhir, Timnas Italia Kerap Jadi Mimpi Buruk Inggris

Wasit sempat meninjau video assistant referee (VAR) terlebih dulu. Setelah itu tanpa ragu dia menunjuk titik putih, tanda penalti untuk Belanda.

Memphis Depay dipercaya menjadi eksekutor. Tendangannya ke sudut kiri gawang tak berhasil dijangkau oleh kiper Austria, Daniel Bachmann.

Gareth Southgate Ogah Mundur dari Timnas Inggris

Tertinggal satu gol, Austria coba memberi respons. Belanda juga masih bisa memberi tekanan ke pertahanan lawan. Tapi sampai babak pertama usai, tak ada lagi gol tercipta.

Memulai babak kedua, Belanda langsung tancap gas. Mereka tak mau memberi kesempatan kepada Austria untuk bisa mengembangkan permainan.

Pada menit 67 Belanda menambah keunggulannya menjadi 2-0. Umpan yang diberikan oleh Donyell Malen diteruskan dengan sangat baik oleh Denzel Dumfries.

Di sisa waktu yang ada, pertandingan berjalan dengan menarik. Upaya dilakukan Austria untuk memecah kebuntuan. Tapi tak ada lagi gol tercipta.

Dengan tambahan tiga angka, De Oranje menempati posisi puncak klasemen Grup C. Enam poin dari dua pertandingan mereka hasilkan.

Sementara Austria tertahan di urutan ketiga dengan tiga angka, sama dengan milik Ukraina yang ada di peringkat kedua. Situasi ini menguntungkan Belanda.

Karena pada pertandingan pamungkas Grup C, Ukraina dan Austria harus saling mengalahkan jika mau tiket ke babak 16 besar. Sedangkan Belanda sudah nyaman ketika ditantang Macedonia Utara.

Susunan Pemain

Belanda: Maarten Stekelenburg; Stefan de Vrij, Daley Blind (Nathan Ake 64'), Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong, Marten de Roon (Tyan Gravenberch 74'), Georginio Wijnaldum, Patrick van Aanholt, Denzel Dumfries, Memphis Depay (Luuk de Jong 82'), Wout Weghorst (Donyell Malen 64').

Austria: Daniel Bachmann; David Alaba, Martin Hinteregger, Aleksandar Dragovic (Philipp Lienhart 84'), Xaver Schlager (Karim Onisiwo 84'), Marcel Sabitzer, Konrad Laimer (Florian Grillitsch 61'), Andreas Ulmer, Stefan Lainer, Christoph Baumgartner (Valentino Lazaro 70'), Michael Gregoritsch (Michael Gregoritsch 61').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya