Mengerikan, Sederet Fakta Timnas Italia Usai Hancurkan Wales

Timnas Italia
Sumber :
  • twitter.com/EURO2020

VIVA – Timnas Italia meraih kemenangan atas Wales dalam laga ketiga Grup A EURO 2020. Bermain di Stadio Olimpico, Roma, Minggu 20 Juni 2021, Gli Azzurri menang dengan skor tipis 1-0.

Jadi Bagian dari Real Madrid Tak Selamanya Menyenangkan

Gol kemenangan Italia tercipta menit ke-39. Umpan matang Marco Verratti diselesaikan dengan tendangan voli cantik oleh Matteo Pessina. 

Dengan kemenangan ini, pasukan Roberto Mancini memastikan tiket 16 besar sebagai juara Grup A dengan 9 poin dari 3 laga.

10 Pertemuan Terakhir, Timnas Italia Kerap Jadi Mimpi Buruk Inggris

Photo :
  • twitter.com/EURO2020

Meski kalah, Wales juga tetap lolos sebagai runner up. Mereka mengumpulkan 4 poin dari 3 laga.

Gareth Bale Umumkan Pensiun, Real Madrid: Terimakasih Legenda Hebat

Wales beruntung karena memiliki selisih gol lebih baik dari Swiss yang mengumpulkan poin sama.

Bagi Italia, kemenangan ini bukan sekadar keberhasilan lolos ke babak 16 besar. Namun lebih dari itu.

Sederet fakta mengerikan tercipta usai mereka menghancurkan Wales. Seperti apa lengkapnya? Berikut rangkumannya dilansir Opta:

1. Italia kini menyamai rekor tak terkalahkan terbaik mereka: 30 pertandingan beruntun tanpa kekalahan antara 1935 dan 1939 di bawah Vittorio Pozzo.

2. Marco Verratti menjadi pemain paling sibuk di laga  Italia vs Wales. Dia mencatatkan sentuhan (136), operan yang diselesaikan (103), peluang yang diciptakan (5) dan tekel (4), serta satu-satunya assist yang menjadi gol dalam pertandingan tersebut. 

3. Italia tidak pernah kalah dalam pertandingan kompetitif yang mereka jalani sejak Juni 2013 melawan Brasil di Piala Konfederasi, menang 39 kali dan seri 12 kali.

4. Italia mencatatkan penampilan sempurna di fase grup untuk keempat kalinya di turnamen besar, sebelumnya Italia melakukannya di Piala Dunia 1978 dan 1990, dan di EURO 2000.

5. Italia telah memenangkan 11 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi, menjaga clean sheet di setiap pertandingan. Mereka sudah 1055 menit tanpa kebobolan, mencetak 32 gol tanpa balas dalam rangkaian ini.

6. Gianluigi Donnarumma menjadi kiper termuda yang mencatatkan clean sheet dalam tiga pertandingan berturut-turut di Kejuaraan Eropa (22 tahun 115 hari pada hari pertandingan).

7. Donnarumma menjadi kiper kedua yang mencatatkan clean sheet di tiga laga awal kompetisi besar setelah mantan kiper Jerman Andreas Köpke.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya