Kokohnya Benteng Timnas Italia, Samai Catatan 41 Tahun Silam

Timnas italia usai melawan Wales
Sumber :
  • twitter.com/EURO2020

VIVA – Timnas Italia kembali memetik kemenangan dalam pertandingan pamungkas Grup A melawan Wales. Bermain di Stadio Olimpico, Roma, Minggu malam WIB 20 Juni 2021, Gli Azzurri menang tipis 1-0.

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Kemenangan ini menjadi yang ketiga bagi Italia di Grup B. Pada pertandingan sebelumnya, skuad asuhan Roberto Mancini sukses menekuk Turki dan Swiss.

Itu artinya Italia berhasil mengumpulkan sembilan poin dari fase grup EURO 2020. Catatan gemilang dari Gli Azzurri yang sejak babak kualifikasi tampil konsisten.

Vespa World Days 2024 Siap Menyapa Penggemar dari Seluruh Dunia

Yang gemilang dari catatan Italia di fase grup EURO 2020 bukan cuma tiga kemenangan. Ada pula bukti kokohnya pertahanan mereka.

Dalam tiga pertandingan, gawang Gli Azzurri sama sekali belum pernah kebobolan. Mereka bahkan sudah menyarangkan tujuh gol ke gawang lawan.

Italia Desak Israel untuk Menahan Diri Setelah Serangan Iran, Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Mengutip Squawka, dari catatan yang ada, ini adalah kedua kalinya Italia berhasil menjalankan tiga pertandingan fase grup di EURO 2020 tanpa kebobolan. Mereka melakukan itu di EURO 1980.

Namun, dari segi torehan, yang edisi kali ini jauh lebih baik. Karena pada EURO 1980, Italia cuma mendapatkan empat poin hingga harus puas menjadi runner up grup di bawah Belgia.

Ketika itu Italia mengumpulkan empat poin hasil dari satu kemenangan dan dua imbang. Tiga angka didapat saat melawan Inggris, lalu ditahan imbang Spanyol dan Belgia.

Pada EURO 1980, dari fase grup langsung diteruskan ke final. Karena menjadi runner up, Italia menjalani pertandingan perebutan tempat ketiga.

Republik Ceko yang menjadi lawan Gli Azzurri ketika itu. Pertandigan berlangsung sengit sampai ke drama adu penalti. Sayangnya Italia kalah dengan skor 8-9.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya