Roberto Mancini Ogah Meninggi

Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini
Sumber :
  • uefa.com

VIVA – Roberto Mancini ogah meninggi, meski berhasil mencatatkan 30 pertandingan tanpa kekalahan bersama Timnas Italia. Teranyar dia membawa Gli Azzurri mengalahkan Wales dalam laga pamungkas Grup A EURO 2020.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Bermain di Stadio Olimpico, Roma pada Minggu malam WIB 20 Juni 2021, Italia mengalahkan Timnas Wales dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang disumbangkan oleh Matteo Pessina.

Dengan hasil tersebut, Mancini berhasil mencatatkan 30 laga tanpa kalah secara beruntun sebagai pelatih Italia. Dia menyamai rekor yang dimiliki mantan pelatih legendaris Gli Azzurri, Vittorio Pozzo.

10 Pertemuan Terakhir, Timnas Italia Kerap Jadi Mimpi Buruk Inggris

Pozzo yang juga mantan pemain itu menjadi pelatih Italia di era 1930an. Catatan terbaiknya adalah menyumbangkan dua gelar juara Piala Dunia 1934 dan 1938.

Menurut Mancini, meski dia berhasil menyamai catatan 30 laga tanpa kekalahan, tapi apa yang sudah dilakukan Pozzo jauh lebih baik. Karena itulah dia ogah meninggi.

Gareth Southgate Ogah Mundur dari Timnas Inggris

"Pozzo memenangkan banyak trofi penting, jadi kami masih jauh di belakang level itu," kata Mancini, dikutip dari laman resmi UEFA.

Tidak cuma itu capaian Pozzo ketika melatih Italia. Dia berhasil membawa tim menggondol medali emas Olimpiade 1936.

Dalam durasi empat tahun, tiga gelar juara bergengsi dihasilkan oleh Pozzo bersama anak asuhnya. Bagi Mancini, terlalu dini untuk jewama karena bisa menyamai catatan gemilang sang pendahulu.

Lalu juru taktik berusia 56 tahun itu melihat kekuatan lawan-lawan di EURO 2020 kali ini. Di mana banyak kekuatan bagus yang berpotensi merebut gelar jura.

"Setiap tim di babak 16 besar bisa memenangkan EURO. Tentu saja kami tidak boleh berpikir bahwa kami bisa menang di setiap pertandingan atau menerima begitu saja," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya