9 Fakta Menarik Timnas Inggris Vs Republik Ceko

Pemain Timnas Inggris merayakan gol Raheem Sterling
Sumber :
  • twitter.com/PhilFoden

VIVA – Duel penentuan akan tersaji di Grup D antara Timnas Inggris vs Republik Ceko. Pertandingan bakal berlangsung di Wembley Stadium, London, Rabu dini hari WIB, 23 Juni 2021.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Inggris dan Ceko saat ini sama-sama memiliki poin empat dan berada di posisi teratas klasemen grup. Ceko sementara memimpin dengan unggul selisih gol.

Hitung-hitungannya, Inggris akan lolos ke babak 16 besar jika bisa menang da imbang melawan Ceko. The Three Lions akan finis sebagai juara grup jika mampu mengalahkan Ceko.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Namun, Inggris akan finis peringkat tiga jika kalah, dan Kroasia atau Skotlandia menang dengan jumlah gol yang cukup untuk melampaui selisih gol mereka.

Photo :
  • Twitter/@EURO2020
Mimpi Buruk Manchester United, Pemain Ini Cedera saat Perkuat Timnas Inggris

Di lain pihak, Ceko hanya butuh hasil imbang untuk memastikan diri finis di posisi teratas.

Nah, sebelum menanti duel dini hari nanti. VIVA telah menyajikan sejumlah fakta menarik yang menyelimuti laga ini. Seperti apa? Berikut rangkumannya dilansir Opta:

1. Republik Ceko dan Inggris berada di grup kualifikasi yang sama untuk EURO 2020. Inggris menang 5-0 di Wembley dan Republik Ceko menang 2-1 di Praha. Mereka akan saling berhadapan di turnamen besar untuk pertama kalinya.

2. Ceko kebobolan sembilan gol dalam tiga pertandingan mereka di Wembley melawan Inggris, hanya mencetak dua gol (S1 K2). Satu-satunya pertandingan turnamen besar mereka sebelumnya di Wembley adalah final Euro 1996. Mereka kalah 1-2  dari Jerman di perpanjangan waktu, menyusul gol emas Oliver Bierhoff.

3. Empat pertemuan sebelumnya antara Republik Ceko dan Inggris telah menghasilkan 14 gol, rata-rata 3,5 per pertandingan.

4. Hasil imbang 0-0 Inggris dengan Skotlandia di laga sebelumnya adalah hasil imbang tanpa gol ke-17 mereka di EURO/Piala Dunia, terbanyak di antara negara mana pun.

5. Patrik Schick selalu mencetak gol dalam dua penampilan pertamanya di EURO untuk Republik Ceko (3 gol). Sejak debut internasionalnya pada Mei 2016, Schick telah mencetak 14 gol dalam 28 penampilan, lebih banyak dari pemain Ceko lainnya.

6. Satu-satunya hat-trick Raheem Sterling bersama timnas Inggris adalah saat melawan Republik Ceko, dalam kualifikasi EURO 2020 di Wembley pada Maret 2019 (5-0).

Photo :
  • twitter.com/PhilFoden

7. Harry Kane selalu mencetak gol dalam dua pertemuan sebelumnya melawan Ceko, keduanya dari titik penalti. Namun, Kane hanya mencetak dua gol dalam 11 penampilan terakhirnya untuk The Three Lions.

8. Gareth Southgate akan memimpin pertandingannya yang ke-57 sebagai manajer Inggris, melampaui jumlah total Roy Hodgson (56).

9. Melawan Republik Ceko, Southgate juga akan menyamai jumlah caps yang diperolehnya sebagai pemain untuk Three Lions, dan sudah menjadi satu-satunya pemain yang bermain dan mencatatkan 50+ pertandingan untuk Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya