60 Ribu Orang Boleh Nonton Semifinal dan Final EURO 2020 di Stadion

Tempat semifinal dan final EURO 2020, Wembley Stadium.
Sumber :
  • Wembley Stadium

VIVA – Lebih dari 60.000 penggemar sepakbola kini diperbolehkan datang ke stadion untuk menyaksikan pertandingan semifinal dan final EURO 2020 di Wembley Stadium, setelah pemerintah Inggris memutuskan untuk meningkatkan kehadiran sebanyak 75 persen dari kapasitas.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Sebelumnya, pada pekan lalu, pemerintah Inggris telah mengonfirmasi bahwa salah satu pertandingan babak 16 besar yang digelar di Wembley pada 29 Juni, serta semifinal dan final akan digelar dengan setidaknya dihadiri 40.000 orang di stadion di bawah pantauan Program Penelitian Acara (ERP).

Dalam keterangan di situs resmi pemerintah Inggris, Selasa 22 Juni 2021, ERP akan melihat kerumunan terbesar untuk acara olahraga di Inggris setelah lebih dari lebih 15 bulan kegiatan serupa selalu digelar dengan batasan-batasan. 

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel

Nantinya, semua pemegang tiket harus mengikuti sejumlah persyaratan masuk yang ketat termasuk memiliki hasil tes COVID-19 negatif atau menunjukkan bukti sudah menerima dua dosis vaksinasi, 14 hari sebelum pertandingan.

Pemegang tiket yang terdaftar di pemerintah Inggris dapat menunjukkan bukti vaksinasi mereka melalui aplikasi NHS atau bukti setara yang dicetak. Pemegang tiket juga dapat menampilkan hasil test negatif melalui email atau pesan teks.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Sementara itu, untuk penjualan tiket pertandingan, pemerintah Inggris masih perlu berkomunikasi dengan UEFA. Namun, pemerintah Inggris berharap, UEFA dapat memberikan tiket kepada warga Inggris yang sudah membeli, tapi telah mengembalikannya.

“Kami senang bahwa akan lebih banyak penggemar yang dapat berjalan melalui pintu putar Wembley dan menikmati final EURO 2020. Saat kami terus membuat kemajuan pada peta jalan di luar pembatasan, menjaga keamanan publik tetap menjadi prioritas kami,” kata Sekretaris Kebudayaan Inggris, Oliver Dowden.

“”Kami telah bekerja sangat erat dengan UEFA dan FA untuk memastikan langkah-langkah kesehatan masyarakat yang ketat dan untuk sementara cukup memungkinkan lebih banyak penggemar untuk melihat aksi secara langsung. Final akan menjadi momen tak terlupakan dalam pemulihan nasional kita dari pandemi,” ujarnya.

Sedangkan, Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menyambut baik keputusan pemerintah Inggris yang bersedia meningkatkan jumlah kehadiran penonton di stadion pada laga semifinal dan final EURO 2020. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson.

“Ini adalah berita bagus bahwa begitu banyak penggemar akan dapat menonton tiga pertandingan terakhir EURO 2020 di Wembley. 18 bulan terakir telah mengajari kami, baik di lapangan maupun di luar lapangan, betapa pentingnya penggemar dalam struktur permainan,” ucap Ceferin.

“Turnamen ini telah menjadi mercusuar harapan untuk meyakinkan orang-orang bahwa kita kembali ke cara hidup yang lebih normal dan ini adalah langkah jauh di sepanjang jalan itu,” ungkapnya.

“Saya berterima kasih kepada Perdana Menteri dan Pemerintah Inggris atas kerja keras mereka dalam menyelesaikan pengaturan ini dengan kami, untuk membuat tahap akhir turnamen sukses besar di Wembley,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya