Kontroversi Gol Timnas Brasil ke Gawang Kolombia

Selebrasi pemain Timnas Brasil usai bobol gawang Kolombia
Sumber :
  • twitter.com/CopaAmerica

VIVA – Timnas Brasil sukses memetik kemenangan 2-1 saat berhadapan dengan Kolombia dalam lanjutan Grup B Copa America 2021. Kedua tim bentrok di Nilton Stadium, Rio de Janeiro pada Kamis pagi WIB 24 Juni 2021.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Memulai pertandingan, Timnas Kolombia lebih dulu unggul pada menit 10. Sebuah tendangan gunting sensasional dilepaskan oleh Luis Diaz usai menerima umpan silang dari Juan Cuadrado.

Dalam keadaan tertinggal, Brasil coba bangkit dengan terus memberi tekanan kepada Kolombia. Akhirnya pada menit 77, gol pemecah kebuntuan Tim Samba diciptakan oleh Roberto Firmino.

Persib Bandung Tetap Waspadai Borneo FC yang Pincang

Tapi kemudian gol ini menjadi kontroversi. Karena prosesnya lebih dulu terjadi pantulan bola oleh wasit. Adanya insiden itu membuat pemain Kolombia kebingungan.

Berada 10 meter di depan kotak penalti, bola passing Neymar mengenai lutut wasit Nestor Pitana. Kemudian bola berbelok arah dan jatuh ke pemain Brasil lainnya, Renan Lodi.

Mikel Arteta Berharap Lebih dari Kapten Arsenal

Setelah itu Lodi melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti. Bola disambut dengan sundulan oleh Firmino dan tak bisa dijangkau kiper Kolombia, David Ospina.

Wasit mengesahkan gol tersebut. Pemain Kolombia melakukan protes keras. Mereka menganggap seharusnya pertandingan dihentikan ketika bola mengenai kaki Pitana.

Jelas insiden itu menguntungkan Brasil. Karena jika passing Neymar tak mengenai lutut Pitana, bola bisa saja direbut oleh para pemain Kolombia.

Namun, wasit yang bertugas di final Piala Dunia 2018 itu menolak protes pemain Kolombia. Dia tetap mengesahkan gol Brasil tersebut.

Sial bagi Kolombia, karena di pengujung pertandingan, Tim Samba berbalik unggul. Sebuah gol dicetak oleh Casemiro usai menerima umpan sepak pojok dari Neymar.

Cuadrado tak bisa menyembunyikan rasa kecewa akan kekalahan ini. Dia menyebut gol kontroversial Brasil jadi sebab kekalahan ini.

"Kami sangat kecewa dengan gol tersebut. Bola mengenai wasit, dan dia seharusnya tidak mengesahkan," kata Cuadrado, dikutip dari Marca.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya