On This Day: Pemain Manchester City Tewas di Piala Konfederasi

Marc-Vivien Foe, pesepakbola Kamerun, meninggal mendadak saat pertandingan.
Sumber :
  • ksta.de

VIVA – Insiden mengerikan sempat terjadi di EURO 2020. Gelandang Timnas Denmark, Christian Eriksen mendadak kolaps dalam duel melawan Finlandia, Sabtu 12 Juni 2021.

On This Day: Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon Terbang Untuk Pertama Kalinya

Tim medis menanganinya di lapangan sekitar 13 menit sebelum dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Beruntung, tak lama kemudian nyawanya bisa diselamatkan.

Tragedi yang dialami Eriksen sempat terjadi pada 2003 silam, tepatnya di Piala Konfederasi yang berlangsung di Prancis. Korbannya adalah pemain Manchester City, Marc-Vivien Foe.

On This Day: Kematian Tragis Legenda Hollywood Audrey Hepburn

Eriksen masih lebih beruntung dibandingkan Foe. Jika Eriksen masih bisa selamat, Foe harus meninggal dunia.

Foe mendadak jatuh di lapangan saat memperkuat Kamerun melawan Kolombia di semifinal Piala Konfederasi, 26 Juni 2003 di Stade de Gerland, Lyon. Dia terjatuh di menit ke-72 tanpa mengalami benturan dari pemain lain.

On This Day: Bom Batalkan Kunjungan Manchester United ke Indonesia

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menyelamatkan nyawa Foe. Petugas medis menghabiskan waktu 45 menit untuk menghidupkan kembali jantungnya.

"Sang pemain (Foe) masih hidup saat dibawa ke pusat medis di Gerland Stadium di Lyon, di mana dia meninggal dunia," kata Alfred Mueller, petugas medis FIFA di Lyon dilansir BBC.

Otopsi pertama tidak mengetahui penyebab kematian Foe. Namun, otopsi kedua menyimpulkan Foe tewas karena masalah jantung, ditemukan hypertrophic cardiomyopathy.

Saat meninggal, Foe berstatus pemain Olympique Lyon yang dipinjamkan ke ManCity. Dia mencetak gol kedua saat The Citizens menggasak Sunderland 3-0, 21 April 2003. Itu merupakan laga terakhir ManCity di markas lama, Maine Road.

Untuk menghormati Foe, ManCity mempensiunkan nomor punggung 23. Itu merupakan nomor yang dikenakan sang pemain saat membela The Citizens.

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya