Tragis, Belanda Angkat Koper Usai Dihajar Republik Ceko

Timnas Republik Ceko singkirkan Belanda dari babak 16 besar EURO 2020
Sumber :
  • twitter.com/EURO2020

VIVA – Timnas Belanda bernasib tragis di EURO 2020. Setelah tampil sempurna di fase grup, mereka harus tersingkir di babak 16 besar. 

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Belanda tumbang dihajar Republk Ceko di Puskas Arena, Budapest, Minggu 27 Juni 2021.

Sejatinya, Belanda tampil mendominasi di babak pertama. Tapi, dari banyaknya peluang yang tercipta belum mampu membuahkan gol. 

Timnas Italia Lolos, Berikut Daftar 20 Tim yang Tampil di EURO 2024

Pada menit ke-9, De Ligt nyaris saja mencatatkan namanya di papan skor. Sayangnya, ia tak mampu memaksimalkan umpan tendangan bebas Daley Blind.

Hasil Kualifikasi EURO 2024: Italia Cetak 5 Gol, Inggris Petik Kemenangan

Belanda kembali mendapat peluang emas empat menit kemudian. Menerima umpan terobosan Daley Blind, Denzel Dumfries yang lolos dari jebakan offside langsung berhadapan dengan kiper Ceko, Tomas Vaclik.

Tapi, Tomas Kalas masih sigap dan cepat untuk memblok tembakan kaki kiri Dumfries sebelum meluncur ke gawang.

Ceko baru mendapatkan peluang pada menit ke-38. Antonin Barak meneruskan umpan mendatar dengan sepakan dari sisi kanan gawang. De Ligt sukses melakukan blok untuk menjadikan sepak pojok yang kemudian dihalau.

Jelang turun minum, Memphis Depay mengecoh pemain lawan di kotak penalti. Dia mengirim sodoran kepada Van Aanholt, yang meneruskan dengan sepakan meski masih melenceng dan offside. Hingga wasit meniupkan peluit akhir, skor 0-0 tak berubah hingga turun mimun.

Di awal babak kedua, Belanda nyaris mencetak gol. Donyell Malen menunjukkan aksi luar biasa dengan melewati beberapa bek Ceko dan kemudian berhadapan satu lawan satu dengan Vaclik.

Dia mencoba untuk mengecoh, tetapi Vaclik melakukannya dengan brilian dan membuat antisipasi yang luar biasa untuk mengamankan bola.

Semenit kemudian, petaka menghampiri Belanda. Matthijs De Ligt diganjar kartu merah karena sengaja menghentikan bola dengan tangannya. Belanda pun harus bermain dengan 10 orang.

Unggul jumlah pemain mampu dimanfaatkan Ceko. Pada menit ke-68, sundulan Holes dari umpan Kalas berhasil masuk ke gawang Stekelenburg. Skor 1-0 untuk Ceko.

12 menit kemudian, Belanda semakin menderita. Patrik Schick berhasil menjebol gawang Stekelenburg, memanfaatkan umpan dari  Tomas Holes. Belanda 0-2 Republik Ceko.

Pada sisa waktu yang ada, Belanda terus berusaha untuk mencetak gol. Namun, kurangnya kekuatan lantaran bermain 10 orang membuat usaha mereka tak membuahkan hasil.

Hingga akhirnya, wasit meniupkan peluit akhir. Skor 2-0 untuk Ceko tak berubah. Belanda pun harus angkat koper dari EURO 2020.

Susunan Pemain:

BELANDA: Stekelenburg, Blind (Norman 82'), Van Aanholt (Berghuis 81'), De Vrij, Dumfries, De Ligt, Wijnaldum, De Roon (Weghorst 73'), De Jong, Depay, Malen (Promes 59')

REPUBLIK CEKO: Vaclik, Celutska, Kaderabek, Coufal, Kalas, Holes (Kral 86'), Masopust (Jankto 79'), Sevcik (Hlozek 86'), Barak (Sadilek 90+2'), Soucek, Schick (Kremncik 90+2')

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya