Timnas Belanda Mengulang Memori Kelam EURO 2008

Timnas Belanda vs Republik Ceko
Sumber :
  • twitter.com/EURO2020

VIVA – Timnas Belanda harus angkat koper dari EURO 2020. Pada babak 16 besar melawan Republik Ceko, Minggu malam WIB 27 Juni 2021 di Puskas Arena, Budapest Hungaria, mereka kalah 0-2.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

Kekalahan ini sekaligus mengakhiri perjalanan luar biasa Belanda di fase grup. Di mana anak asuh Frank de Boer mencatatkan tiga kemenangan beruntun.

Poin sempurna mengantarkan mereka ke babak gugur. Belum lagi ada catatan mencetak delapan gol ke gawang lawan. Itu adalah catatan tertinggi EURO 2020 selama fase grup.

Pembelaan Pelatih AC Milan Usai Inter Milan Pesta Juara di San Siro

Tapi ketika berhadapan dengan Timnas Republik Ceko, catatan itu seolah tak berarti. Belanda kesulitan menemukan permainan terbaik dan akhirnya menyerah.

Nasib buruk De Oranje ini seperti mengulang memori kelam mereka di EURO 2008. Ketika itu Belanda menjadi juara Grup C dengan raihan sembilan poin.

Indonesia U-23 dalam Bahaya, Korea Selatan Catatannya Mentereng

Belanda juga menjadi tim paling banyak mencetak gol sepanjang fase grup dengan total sembilan kali. Italia, Rumania, dan Prancis adalah pesaing di grup ketika itu.

Tapi begitu masuk ke babak gugur, Belanda langsung kalah oleh Rusia dnegan skor 1-3. Pertandingan berlangsung sampai ke babak tambahan waktu.

Kesamaan lainnya antara 2008 dan 2020 adalah rotasi pemain utama di pertandingan terakhir grup. Karena sudah pasti lolos, pergantian besar-besaran dilakukan.

Tujuannya tentu saja untuk memulihkan kondisi pemain inti yang telah terkuras di dua pertandingan sebelumnya. Tapi malah ketika dibutuhkan, mereka tidak bisa maksimal.

Wajar jika suporter De Oranje begitu kecewa untuk kali ini. Karena mereka punya harapan besar kepada skuad muda yang ada sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya