10 Fakta Mengerikan Laga Hujan Gol Timnas Spanyol Vs Kroasia

Timnas Spanyol melenggang ke babak perempatfinal EURO 2020
Sumber :
  • twitter.com/EURO2020

VIVA – Delapan gol tercipta dalam laga Timnas Spanyol melawan Kroasia pada babak 16 besar EURO 2020 di Parken Stadium, Kopenhagen, Senin malam WIB, 28 Juni 2021. Spanyol menang dramatis 5-3.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Spanyol sempat tertinggal karena blunder fatal Unai Simon. Dia gagal mengontrol back pass dari Pedri menit ke-20. Pablo Sarabia menyamakan skor 1-1 di menit ke-38.

Spanyol berbalik memimpin 2-1 pada menit ke-57 lewat gol Cesar Azpilicueta sebelum digandakan Ferran Torres di menit ke-77.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Kroasia pantang menyerah. Mereka memaksa pertandingan lanjut ke extra time lewat dua gol Mislav Orsic di menit ke-85 serta Mario Pasalic di menit ke-92.

Hasil Drawing EURO 2024, Ini Dia Grup-grupnya

Spanyol akhirnya mengunci kemenangan berkat dua gol yang dicetak Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal. Di babak perempatfinal nanti, Spanyol akan menghadapi pemenang partai Prancis kontra Swiss.

Bagi Spanyol, kemenangan ini membuat mereka mencatatkan sejumlah fakta mengerikan. 

Salah satunya, La Furia Roja jadi tim pertama yang mencetak lima gol di dua laga beruntun EURO. Sebelum ini, Spanyol melibas Slovakia 5-0 di matchday terakhir Grup E.

Selain itu, masih ada fakta lainnya yang tercipta usai laga ini. Sejumlah pemain juga membuat catatan membanggakan. Seperti apa? Berikut rangkumannya dilansir Opta:

1. Dengan delapan gol yang tercipta, Kroasia (3) dan Spanyol (5) menghasilkan pertandingan dengan skor tertinggi kedua dalam sejarah EURO, setelah Prancis vs Yugoslavia di semifinal 1960. Dalam laga itu tercipta sembilan gol Prancis (5) Yugoslavia (4).

2. Spanyol adalah tim pertama dalam sejarah EURO yang mencetak 5gol dalam dua pertandingan berturut-turut. 

3. Alvaro Morata telah mencetak gol kelimanya di EURO, menjadi pencetak gol terbanyak untuk Spanyol di kompetisi ini bersama dengan Fernando Torres.

4. Mislav Orsic adalah pemain pengganti pertama yang mencetak gol dan assist untuk Kroasia dalam satu pertandingan turnamen besar (Piala Dunia/EURO).

5. Ferran Torres (21 tahun 120 hari) adalah pemain termuda yang mencetak gol dan assist satu pertandingan turnamen besar (Piala Dunia/EURO) untuk Spanyol sejak Cesc Fabregas  (21 tahun 37 hari) vs Rusia di EURO 2008.

6. Cesar Azpilicueta, yang telah mencetak gol pertamanya untuk Spanyol (penampilan ke-27), telah menjadi pencetak gol tertua Spanyol di EURO (31 tahun 304 hari). 

7. Ada sembilan gol bunuh diri yang terjadi di EURO 2020, sama banyaknya dengan gabungan semua edisi kompetisi sebelumnya.

8. Pada usia 18 tahun 215 hari, Pedri menjadi pemain termuda yang menjadi starter dalam pertandingan sistem gugur di EURO, menyalip rekor Wayne Rooney (18 tahun 244 hari v Portugal pada tahun 2004).

9. Spanyol telah memenangkan pertandingan sistem gugur di turnamen besar untuk pertama kalinya sejak Final EURO 2012.

10. Dani Olmo adalah pemain pertama mencatatatkan dua assist dalam pertandingan knockout di EURO 2020. Dia melakukannya dalam waktu hanya tiga menit perpanjangan waktu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya