Louis van Gaal Mau Kembali ke Timnas Belanda

Eks Mantan manajer Manchester United, Louis van Gaal.
Sumber :

VIVA – Kursi pelatih Timnas Belanda sedang kosong. Karena usai gagal di babak 16 besar EURO 2020, Frank de Boer memutuskan untuk mundur. Dari sini muncul lagi nama Louis van Gaal.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Pria yang sempat mengutarakan pensiun sebagai pelatih sepakbola pada 2019 itu digadang-gadang jadi juru taktik Belanda berikutnya. Karena memang sejak lama dia ditawarkan untuk kembali.

Ketika itu Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) menawarkan van Gaal melatih De Oranje untuk ketiga kali menggantikan Ronald Koeman yang gabung dengan Barcelona. Tapi tawaran itu membuatnya kesal.

Mantan Anak Asuh di Barcelona Sebut Louis van Gaal Pembohong

Dia merasa cuma dijadikan sebagai pengganti ketika Koeman cabut tiba-tiba. Karena ditolak, kemudian KNVB memilih untuk meminang de Boer.

Volskrant mengeluarkan artikel yang mengatakan van Gaal siap untuk kembali ke De Oranje saat ini. Ketersinggungan sebelumnya tidak jadi masalah panjang.

2 Calon Pelatih Baru Timnas Jerman, Ada Mantan Manajer MU

Berusia 69 tahun, sosok mantan manajer Manchester United itu disegani oleh mereka yang berkecimpung di sepakbola Belanda. Dia juga punya rekam jejak bagus ketika menjadi juru taktik.

Pada Piala Dunia 2014, dia membawa Belanda menduduki peringkat ketiga. Ketika itu De Oranje kalah melalui drama adu penalti dari Argentina di babak semifinal.

Memainkan perebutan tempat ketiga melawan tuan rumah Brasil, mereka tampil bagus. Kemenangan tiga gol tanpa balas jadi hasil penutup di Piala Dunia 2014.

Itu adalah kesempatan kedua van Gaal menjadi pelatih Belanda. Pertama kali kepercayaan itu dia dapatkan pada 2000 hingga 2002.

Dan kini namanya muncul lagi jadi kandidat. Meski pernah mengutarakan pensiun dari sepakbola, tapi tak tertutup kemungkinan lowongan sebagai pelatih Belanda ini menggodanya untuk kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya