Akhir Perjalanan Toni Kroos Bersama Timnas Jerman

Cristiano Ronaldo dan Toni Kroos dalam duel Jerman vs Portugal.
Sumber :
  • https://twitter.com/EURO2020

VIVA – Kegagalan timnas Jerman di ajang EURO 2020 berjalan berbarengan dengan keputusan Toni Kroos untuk pensiun dari tim nasional. Kroos resmi mengakhiri kariernya bersama Der Panzer.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Hal ini diketahui melalui unggahan Kroos di akun media sosial instagram pribadinya pada Jumat 2 Juli 2021. Dia mengumumkan lewat surat terbuka untuk diketahui publik. 

Dengan begitu, Kroos mengakhiri perjuangannya dengan Jerman setelah 11 tahun bersama. Pemain 31 tahun ini pertama melakukan debut bersama Jerman di tahun 2010 lalu di bawah asuhan Joachim Loew. 

10 Pertemuan Terakhir, Timnas Italia Kerap Jadi Mimpi Buruk Inggris

Bersama Jerman, prestasi terbaiknya adalah berperan dalam kejayaan Jerman di Piala Dunia Brasil tahun 2014 lalu. 

"Saya sudah bermain untuk Jerman sebanyak 106 kali. Tak ada yang lain. Saya sudah memberikan segalanya dan masih berharap bisa bermain 109 kali dan mengakhirinya dengan title besar Piala Eropa," tulis Kroos di akun media sosial instagramnya.

Gareth Southgate Ogah Mundur dari Timnas Inggris

"Saya membuat keputusan ini sejah lama. Sudah sangat jelas saya tidak bisa bermain di Piala Dunia 2022 di Qatar. Saya akan fokus bersama Real Madrid untuk tahun ke depan. Saya ingin diri ini berlibur setelah 11 tahun tidak memilikinya. Selain itu sebagai suami dan ayah, saya ingin berada bersama keluarga," tulis dia.

Di EURO 2020 sendiri, Kroos gagal membawa negaranya melaju jauh. Mereka tersingkir di babak 16 besar usai dikalahkan oleh Inggris dengan skor 0-2. 

Keputusannya untuk pensiun juga menyusul Joachim Loew yang lebih dulu menyatakan hal serupa. Loew dikabarkan digantikan oleh mantan pemain Bayern Munich, Hansi Flick. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya