Tekuk Republik Ceko, Timnas Denmark Melaju ke Semifinal EURO 2020

Duel Timnas Denmark vs Republik Ceko di perempatfinal EURO 2020.
Sumber :
  • Twitter/@EURO2020

VIVA – Timnas Republik Ceko berjumpa Denmark dalam pertandingan perempatfinal EURO 2020 di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan, Sabtu 3 Juli 2021. Di laga tersebut, Denmark sukses menang tipis atas Ceko.

Berkah Ramadhan untuk Ramadhan Sananta, Jumlah Golnya Lampaui Lionel Messi!

Selepas kick off, Ceko langsung mengambil inisiatif pengusaan bola. Sedangkan, Timnas Denmark coba tampil taktis demi mengimbangi permainan cepat Ceko.

Laga baru berjalan lima menit, Denmark berhasil menciptakan gol cepat melalui situasi sepak pojok. Menerima umpan terukur dari Jens Stryger Larsen, sundulan Thomas Delaney meluncur mulus ke dalam gawang Ceko.

Gol Egy di Timnas Indonesia Vs Vietnam karena Taktik, Bukan Keberuntungan

Menit 13, Denmark nyaris menggandakan keunggulan lewat skema serangan balik. Sayangnya, sontekan tipis Mikkel Damsgaard usai menerima umpan panjang dari rekannya masih bisa diamankan oleh para pemain bertahan Ceko.

Kombinasi antara Larsen dan Delaney kembali membuat pertahanan Ceko ketar-ketir pada menit 16. Akan tetapi, sepakan setengah voli yang dilepaskan Delaney usai menyambut umpan silang Larsen masih melenceng dari sasaran.

Manchester United Bidik Bek Barcelona

Menit 22, Ceko hampir saja membuat skor imbang. Namun, tembakan kaki kiri Tomas Holes dari dalam kotak penalti Denmark masih bisa diblok dengan gemilang oleh Kasper Schmeichel.

Sepuluh menit jelang babak pertama berakhir, Ceko kembali mengancam gawang Denmark lewat aksi Tomas Holes. Sayangnya, tembakan terukurnya usai menerima umpan Antonin Barak masih mengarah ke pelukan Schemeichel.

Denmark sukses menggandakan keunggulan saat pertandingan sudah memasuki menit ke-42. Adalah Kasper Dolberg yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor lewat sentuhannya setelah memaksimalkan umpan silang Joakim Maehle.

Dalam waktu yang tersisa di babak pertama, Ceko tetap dominan menggempur pertahanan Denmark. Sementara itu, Denmark lebih mengandalkan skema serangan balik untuk membombardir lini belakang Ceko.

Akan tetapi, hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum, tak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Denmark sanggup mempertahankan keunggulan 2-0 atas Ceko.

Usai rehat, Ceko langsung tancap gas dengan tampil agresif dalam melancarkan serangan. Sedangkan, Denmark masih bermain taktis seperti di babak pertama.

Agresivitas yang ditunjukkan Ceko di awal babak kedua akhirnya membuahkan hasil pada menit 49. Patrik Schick sukses memperkecil kedudukan melalui tembakannya setelah memaksimalkan umpan silang terukur dari Vladimir Coufal.

Pada menit 69, Denmark nyaris menambah pundi golnya melalui aksi individual Yussuf Poulsen. Namun, tembakan mendatar Poulsen dari luar kotak penalti Ceko masih mudah untuk ditangkap oleh Tomas Vaclik.

Sembilan menit berselang, Poulsen kembali memberikan ancaman ke gawang Ceko. Akan tetapi, upaya Poulsen lagi-lagi berhasil digagalkan dengan gemilang oleh Tomas Vaclik.

Di sisa waktu yang ada pada babak kedua, Ceko terus mencari cara untuk mencetak gol penyeimbang. Sementara itu, Denmark juga tetap tampil menyerang sambil memperkuat lini pertahanannya demi menjaga keunggulan.

Hingga wasit meniup peluit panjang tak ada lagi gol tambahan kendati kedua tim saling berbalas serangan. Denmark sukses menutup duel kontra Republik Ceko dengan kemenangan 2-1.

Hasil ini membawa Denmark melaju ke semifinal EURO 2020, sedangkan Ceko harus angkat koper. Di semifinal, Denmark akan bersua pemenang dari laga perempatfinal antara Timnas Ukraina vs Inggris yang akan digelar sesaat lagi.

Susunan pemain

Republik Ceko: Tomas Vaclik (PG); Vladimir Coufal, Ondrej Celustka (Jakub Brabec 65'), Tomas Kalas, Jan Boril; Tomas Holes (Jakub Jankto 46'), Tomas Soucek; Lukas Masopust (Michael Krmencik 46'), Antonin Barak, Petr Sevcik (Vladimir Darida 79'); Patrik Schick (Matej Vydra 79').

Denmark: Kasper Schmeichel (PG); Andreas Christensen (Joachim Andersen 81'), Simon Kjaer, Jannik Vestergaard; Jens Stryger Larsen (Daniel Wass 71'), Pierre-Emile Hojbjerg, Thomas Delaney (Mathias Jensen 81'), Joakim Maehle; Martin Braithwaite, Kasper Dolberg (Yussuf Poulsen 59'), Mikkel Damsgaard (Christian Norgaard 60').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya