Timnas Brasil ke Final Copa America Usai Gasak Peru

Neymar memberikan assist saat Timnas Brasil tekuk Peru
Sumber :
  • twitter.com/CopaAmerica

VIVA – Timnas Brasil menghadapi Peru pada babak semifinal Copa America 2021. Laga ini digelar di Estadio Olímpico Nilton Santos, Rio de Janeiro, Brasil, Selasa pagi WIB, 6 Juli 2021.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Di perempat final, Brasil menjinakkan Chile 1-0 melalui gol tunggal Lucas Paqueta. Sementara Peru bermain seri 3-3 dan akhirnya menang adu penalti 4-3 atas Paraguay.

Duel langsung berjalan menarik di awal babak pertama. Brasil mengancam menit ke-8, Paqueta memberikan umpan tajam ke Richarlison di dalam kotak penalti. 

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Sekali sentuhan, Richarlison berhasil melewati Gallese dan memberikan umpan satu dua dengan Neymar. Namun, finishing-nya masih melebar dari tiang gawang.

Brasil kembali mengancam menit ke-21. Casemiro melepaskan tembakan dari jarak jauh, namun ditepis kiper Peru, Gallese.

Bintang Manchester United Ini Jalani Debut Bersama Timnas Inggris

Setelah beberapa kali memberikan tekanan pada Peru, Brasil akhirnya mampu mencetak gol pada menit ke-35. Adalah Paqueta yang mencatatkan namanya di papan skor.

Aksi Nyemar mengacaukan pertahanan Peru sebelum memberi umpan kepada Paqueta. Dia melepaskan tembakan dari jarak dekat dengan kaki kirinya. Skor 1-0 untuk Brasil.

Peru yang mencoba menyamakan kedudukan masih kesulitan dengan dominasi Brasil di lini tengah.

Beberapa peluang yang mereka bangun, selalu digagalkan para pemain tim samba. Hingga akhirnya, skor di babak pertama tak berubah 1-0 untuk Brasil.

Di babak kedua, Peru tampil lebih agresif. Menit ke-49, Gianluca Lapadula menerima terobosan dari Yotun di sisi kanan pertahanan Brasil. Dia kemudian melepaskan tembakan kaki kiri. 

Bola meluncur ke sudut kiri bawah, tetapi Ederson melakukan penyelamatan hebat. Gawang Brasil masih aman.

Pada menit ke-61, Raziel Garcia tendangan ke gawang dari tepi kotak penalti. Ederson menangkis, namun bola muntah mengarah ke tengah kotak penalti. Lapadula mencoba menerkam, tetapi Marquinhos lebih dulu ada di sana untuk membuang bola.

Di babak kedua, Brasil bermain lebih bertahan. Belum ada peluang dari mereka yang membahayakan gawang Peru hingga menit ke-70.

Sedangkan Peru terus memberikan tekanan. Menit ke-81, Callens menyundul bola memanfaatkan umpan silang Yotun. Namun bola melebar dari tiang kanan. Sang bek menyia-nyiakan peluang besar untuk menyamakan skor.

Pasa waktu yang tersisa, Peru terus memberikan gempuran. Namun, penyelesaian akhir yang kurang maksimal membuat gol tak kunjung tercipta. Hingga akhirnya, wasit meniupkan peluit panjang, Brasil lolos ke final setelah menang 1-0.

Susunan Pemain:

Brasil: Ederson; Danilo, Thiago Silva, Marquinhos, Renan Lodi; Fred, Casemiro; Everton, Lucas Paqueta, Richarlison; Neymar.

Peru: Pedro Gallese; Alexander Callens, Christian Ramos, Alexander Santamaria; Aldo Corzo, Sergio Pena, Renato Tapia, Yoshimar Yotun, Miguel Trauco; Christian Cueva; Gianluca Lapadula.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya