Timnas Inggris Bernafsu Juara di Kandang, Denmark Unggul Trofi EURO

Para pemain Timnas Denmark merayakan kemenangan atas Republik Ceko.
Sumber :
  • Twitter/@EURO2020

VIVA – Timnas Denmark akan bersua Timnas Inggris di semifinal EURO 2020. Duel ini berlangsung di Wembley Stadium, London, Kamis dini hari WIB, 8 Juli 2021.

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Tak terkalahkan sejak babak penyisihan grup, Inggris sangat diunggulkan menjadi juara. Apalagi, mereka akan tampil di hadapan publik sendiri. Namun, Inggris pantas waspada. Sebab, jika bicara mengenai trofi Piala Eropa, Denmark malah lebih unggul.

Sepanjang sejarah, Inggris belum pernah menjuarai Piala Eropa. Prestasi terbaik mereka adalah merebut posisi ketiga 1968 dan menjadi semifinalis 1996.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Sementara itu, Denmark pernah sekali menjadi juara di EURO 1992. Mereka juga sukses menembus semifinal pada 1964 dan 1984.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Pencapaian Denmark saat menjadi juara 1992 ibarat cerita dongeng. Sebab, Danish Dynamite hanya tampil sebagai negara pengganti Yugoslavia yang dicoret.

Denmark baru dipastikan tampil di EURO 1992 pada 31 Mei 1992. Mereka hanya memiliki waktu kurang dari dua pekan untuk persiapan, karena turnamen sudah digelar pada 10 Juni 1992.

Denmark tampil kurang meyakinkan dalam dua laga penyisihan grup. Mereka ditahan Inggris 0-0, lalu takluk 0-1 dari tuan rumah Swedia. Di laga terakhir penyisihan grup, Denmark sukses menekuk Prancis 2-1. Mereka pun melaju ke semifinal sebagai runner up Grup 1.

Di semifinal, Denmark bersua juara bertahan EURO, Belanda. Hebatnya, mereka sukses menang 5-4 (2-2) lewat adu penalti.

Lawan tangguh kembali dihadapi Denmark di final yang berlangsung di Ullevi Stadium, 26 Juni 1992. Mereka bersua Jerman yang berstatus sebagai juara bertahan Piala Dunia.

Tak disangka, ledakan Denmark kembali berlanjut di final. Tim besutan Richard Moller Nielsen menjadi juara usai menekuk Jerman 2-0. Gol disumbangkan John Jensen (18') Kim Vilfort (78').
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya