Tumbangkan Kolombia, Argentina Tantang Brasil di Final Copa America

Selebrasi pemain Timnas Argentina usai bobol gawang Uruguay.
Sumber :
  • Twitter: Timnas Argentina

VIVA – Timnas Argentina sukses melaju ke final Copa America 2021 setelah menumbangkan Timnas Kolombia lewat adu penalti dengan skor 4-3. Kedua tim sebelumnya bermain imbang selama 90 menit.

AFF dan Shopee Hadirkan Shopee Cup Asean Club Championship Turnamen Antar Klub Elit Se-Asia Tenggara

Argentina mampu membuka keunggulan lebih dulu di menit ketujuh. Lionel Messi beraksi di kotak penalti lawan. Dia kemudian mengoper bola ke Lautaro Martinez yang dengan sempurna mengarahkan bola ke pojok kiri gawang.

Tertinggal, Kolombia pun tersentak untuk menyamakan kedudukan. Mereka hampir saja meraih gol penyeimbang pada menit sembilan, namun, Emiliano Martinez bisa dengan ajaib menepis bola sepakan Juan Cuardrado dari jarak dekat.

Shopee Cup ASEAN Club Championship 2024/2025 Bakal Hadir, Penggemar Bola Sebut ini Langkah Positif

Berkali-kali upaya Kolombia menembus pertahanan Argentina. Tapi, lini belakang Argentina yang digalang Nicolas Otamendi cs masih bisa menahan setiap gempuran yang datang dari El Tricolor. Skor 1-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua dalam kondisi tertinggal membuat Kolombia melakukan banyak perubahan usai turun minum. Terdapat tiga pemain baru dimasukkan pelatih Reinaldo Rueda.

Terbukti, masuknya pemain baru membuat serangan Kolombia menjadi semakin tajam. Argentina seakan tak diberi kesempatan untuk memegang bola lantaran terus digempur Juan Cuadrado cs.

Setelah menunggu cukup lama, Kolombia akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit 61. Luis Diaz berlari mengungguli pemain bertahan Tim Tango dan masuk ke kotak penalti. Dalam kondisi terjepit, dia masih mampu menembakkan bola dari sudut sempit, menaklukkan Martinez, dan membuat skor menjadi imbang 1-1.

Tak ingin malu, pelatih Lionel Scaloni memasukkan Angel Di Maria. Terbukti, masuknya gelandang Paris Saint-Germain itu mampu menambah daya gedor Albiceleste.

Bahkan, Di Maria mampu menunjukkan dampak instan dengan hampir mencetak assists yang menjadi gol. Sayang, Lautaro Martinez gagal memaksimalkan umpan tersebut lantaran tembakannya bisa diblok Yerry Mina.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Pemenang pun harus ditentukan melalui adu penalti.

Kolombia dapat jatah penendang pertama. Juan Cuadrado yang jadi eksekutor sukses menunaikan tugasnya. Pun dengan Messi yang jadi penendang pertama Argentina.

Sayang, setelahnya tiga penendang Kolombia, yakni Davinson Sanchez, Yerry Mina dan Edwin Cardona berhasil diblok Emiliano Martinez. Hanya Miguel Borja yang mampu menuntaskan tugasnya dengan baik.

Sedangkan, kubu Argentina menambah dua eksekutor sukses, yaitu Leandro Paredes dan Lautaro Martinez. Hanya Rodrigo de Paul yang gagal lantaran sepakannya melambung.

Argentina pun memenangkan duel ini dengan skor 4-3. Albiceleste berhak menantang Brasil di final Copa America 2021. Duel akan digelar Minggu 11 Juli 2021.

Susunan pemain

Argentina: Emiliano Martinez (PG); Nahuel Molina (Gonzalo Montiel 46'), German Pezzella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico, Rodrigo De Paul, Guido Rodriguez, Giovani Lo Celso (Leandro Paredes 56'), Lionel Messi, Lautaro Martinez, Nicolas Gonzalez (Angel Di Maria 67').

Kolombia: David Ospina (PG); Daniel Munoz, Yerry Mina, Davinson Sanchez, William Tesillo (Frank Fabra 46'), Juan Cuadrado, Wilmer Barrios, Gustavo Cuellar (Yimmi Javier Chara 46'), Luis Diaz, Rafael Borre (Edwin Cardona 46'), Duvan Zapata (Miguel Borja 60').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya