On This Day: Timnas Brasil Digasak Jerman 1-7 di Piala Dunia

Brasil 1-7 Jerman
Sumber :
  • sportbible.com

VIVA –  Tragedi dalam sepakbola Brasil terjadi di semifinal Piala Dunia 2014, 8 Juli 2014. Timnas Brasil dibuat malu di kandang sendiri di Estadio Mineirao, Belo Horizonte.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Tadinya, Brasil diprediksi bisa membuat perlawanan saat menghadapi Timnas Jerman. Status tuan rumah dan deretan bintang tentunya menjadi nilai plus tersendiri.

Namun, apa yang terjadi di dalam lapangan benar-benar di luar dugaan banyak pihak. Brasil terlihat seperti baru belajar sepakbila. Sebanyak 58.141 penonton di stadion menjadi saksi sang tuan rumah digasak 1-7.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Baru babak pertama saja, Jerman sudah unggul 5-0. Thomas Mueller membuka keunggulan Jerman di menit 11, lalu disusul gol Miroslav Klose (23'). Toni Kroos menyumbangkan dua gol di menit 24 dan 26. Masih disusul gol Sami Khedira di menit 29.

Gawang Brasil yang dikawal Julio Cesar harus dua kali bobol lagi di babak kedua. Andre Schuerrle melengkapi penderitaan tuan rumah lewat dua golnya di menit 69 dan 79. Brasil mendapatkan gol hiburan lewat Oscar (90').

Bintang Manchester United Ini Jalani Debut Bersama Timnas Inggris

Tangis pilu terlihat dari para pemain Brasil. Mereka seakan tak percaya, gawang mereak bisa dengan mudahnya dibobol Jerman.

Tragedi ini dikenal dengan sebutan  Mineirazo, merujuk pada nama stadion. Ini menjadi kekalahan terbesar sepanjang sejarah Brasil menyamai catatan saat kalah 0-6 dari Uruguay, 18 September 1920.

Pelatih kawakan Jose Mourinho sempat berbicara mengenai kekalahan tragis Brasil ini. Menurutnya, ini tak akan pernah dilupakan sampai kapan pun.

"Saya perlu berpikir apa yang akan diingat dalam 20 tahun ke depan. Kosta Rika membunuh banyak tim raksasa. Kemudian ada situasi negatif Luis Suarez dengan Giorgio Chiellini," ujar Mourinho, sebagaimana dilansir Dailymail, 14 Juli 2014.

"Tentu saja, kekalahan 1-7 Brasil dari Jerman akan menjadi laga yang diingat selamanya. Dan jelas, orang-orang juga akan mengingat gol Goetze yang memberi Jerman titel Piala Dunia," lanjut pria yang kini menukangi AS Roma ini.

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya