7 Fakta Mengerikan Usai Timnas Argentina Juara Copa America 2021

Timnas Argentina juara Copa America 2021.
Sumber :
  • Twitter/@Argentina

VIVA – Timnas Argentina berhasil meraih gelar juara Copa America 2021 usai mengalahkan Brasil dalam laga final yang digelar di Estadio do Maracana, Minggu pagi WIB, 11 Juli 2021. Angel Di Maria menjadi pahlawan Albiceleste lewat gol tunggalnya.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Duel final Copa America 2021 sudah berlangsung panas sejak menit-menit awal. Timnas Argentina dan Brasil saling jual beli serangan sehingga membuat banyaknya terjadi pelanggaran.

Timnas Argentina berhasil membuka keunggulan pada menit 22 melalui aksi Di Maria. Memaksimalkan umpan terukur Rodrigo De Paul, Di Maria sukses melepaskan tembakan tepat sasaran ke gawang Brasil yang tak mampu dibendung oleh Ederson.

Lionel Messi Absen, Timnas Argentina Bantai Kosta Rika

Gol tersebut membuat Brasil langsung meningkatkan intensitas serangannya. Skuad besutan Tite itu menggempur habis lini pertahanan Argentina dengan berbagai cara, namun tak ada gol yang berhasil mereka ciptakan hingga pertandingan berakhir.

Statistik mencatat, Timnas Brasil unggul 59 persen penguasaan bola. Selain itu, Selecao juga tampil lebih agresif dengan melepaskan 12 tembakan ke gawang Argentina, dua di antaranya tepat sasaran.

Berkah Ramadhan untuk Ramadhan Sananta, Jumlah Golnya Lampaui Lionel Messi!

Adapun Timnas Argentina memiliki 41 persen penguasaan bola. Tim yang dikapteni Lionel Messi itu hanya mendapatkan enam tembakan ke gawang, dengan dua di antaranya tepat sasaran.

Gelar ini menjadi trofi Copa America pertama diraih Timnas Argentina sejak 1993. Selain sejumlah catatan tersebut, masih ada 7 fakta mengerikan lainnya usai Timnas Argentina mengalahkan Brasil di final Copa America 2021, seperti dikutip Squawka dan Opta Joao:

1. Timnas Argentina kini menyamai pencapaian Uruguay sebagai negara tersukses di Copa America dengan raihan 15 gelar.

2. Kemenangan yang diraih Timnas Argentina atas Brasil menjadi yang pertama di final Copa America sejak 1937.

3. Lionel Messi akhirnya meraih gelar perdana bersama Timnas Argentina setelah melalui 10 turnamen besar.

4. Keberhasilan Lionel Messi meraih gelar perdana bersama Timnas Argentina didapatkan pada tanggal yang sama seperti Cristiano Ronaldo meraih gelar perdana bersama Timnas Portugal pada Piala Eropa 2016, yakni tanggal 10 Juli.

5. Kekalahan dari Timnas Argentina di final Copa America 2021 adalah kekalahan pertama Brasil di kandang sendiri dalam 25 pertandingan terakhir di bawah asuhan Tite.

6. Timnas Argentina akhirnya berhasil mencetak gol ke gawang Brasil di pertandingan final Copa America. Sebelumnya, Argentina tidak pernah bisa mencetak gol tandang ke gawang Brasil dalam tiga pertemuan terakhir di Copa America.

7. Timnas Argentina hanya memiliki satu tembakan tepat sasaran dan tiga tembakan ke gawang Brasil pada babak pertama. Itu merupakan catatan paling rendah yang dialami Argentina sejak kekalahan 0-2 dari Brasil di semifinal Copa America 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya