9 Statistik Ganas Sambut Final EURO 2020

Pemain Timnas Italia merayakan gol
Sumber :
  • twitter.com/EURO2020

VIVA – Timnas Italia akan segera berhadapan dengan Timnas Inggris di Euro 2020. Duel akan dihelat di Wembley Stadium, Senin dini hari WIB, 12 Juli 2021.

Hancurkan Rekor Tak Terkalahkan Bayer Leverkusen, Atalanta Juara Liga Europa 2023/24

Laga nanti bakal berarti penting untuk kedua tim. Bagaimana tidak, baik Italia dan Inggris sama-sama puasa juara cukup lama di turnamen empat tahunan antarnegara Eropa ini.

Italia terakhir juara pada 1968 silam atau 53 tahun lalu. Sedangkan, Inggris belum sekali pun juara. Satu-satunya juara turnamen mayor yang pernah dirasakan The Three Lions adalah Piala Dunia 1966.

Ini Pemain Madura United yang Diwaspadai Pelatih Persib Bandung

Potensi Inggris untuk mengulang keberhasilan 1966 sangat terbuka lebar. Pasalnya, final nanti akan digelar di hadapan pendukungnya sendiri.

Tak cuma itu, Inggris juga telah menunjukkan kapasitasnya untuk juara. Meski, jalur mereka terbilang lebih mudah ketimbang Italia.

Kata Southgate Usai Tak Bawa Marcus Rashford ke Euro 2024

Tapi, bukan berarti Gli Azzurri tak memiliki peluang untuk menang. Sejak awal, anak-anak asuh Roberto Mancini mampu tampil sempurna dan melibas lawan-lawan berat macam Belgia dan Spanyol. Tahun ini adalah saat yang tepat untuk menyembuhkan sakit hati final 2012 lalu ketika ditumbangkan Spanyol.

Sebelum menyaksikan pertandingan akbar ini, ada baiknya mengetahui sederet data dan statistik mengerikan yang mengiringi final nanti. Berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Ini adalah pertemuan kelima antara kedua tim di turnamen mayor. Pada empat pertemuan sebelumnya, Inggris selalu kalah dari Italia.

2. Final Euro 2020 menjadi final ke-10 Italia di turnamen mayor. Sedangkan, ini adalah final kedua bagi Inggris sepanjang sejarah.

3. Final nanti akan jadi yang keempat bagi Italia di turnamen Euro. Namun, dari tiga final sebelumnya, Gli Azzurri baru sekali juara pada 1968.

4. Sementara, prestasi terbaik Inggris di Euro hanyalah peringkat tiga Euro 1968 dan semifinalis 1996.

5. Sejauh ini, Inggris jadi tim yang paling sedikit kebobolan di Euro 2020. Gawang mereka baru terkoyak sekali oleh Denmark di semifinal. Sementara, Italia sudah tiga kali kemasukan.

6. Torehan tersebut membuat Inggris juga menjadi tim yang paling banyak clean sheets di turnamen ini dengan lima kali clean sheets. Sedangkan, Italia baru mencatatkan tiga kali clean sheets.

7. Inggris harus mewaspadai lini serang Italia pada laga nanti. Pasalnya, Gli Azzurri merupakan tim terproduktif kedua setelah Spanyol dengan 12 gol. Berbeda tipis dengan Inggris yang sudah menorehkan 10 gol.

8. Bila mampu menambah catatan golnya di final nanti, Harry Kane bakal menyamai atau bahkan melampaui catatan Cristiano Ronaldo dan Patrik Schick sebagai top skor Euro 2020.

9. Satu nama yang patut diwaspadai Inggris di laga nanti adalah Jorginho. Gelandang bertahan Gli Azzurri tersebut merupakan sosok utama pengalir bola di Timnas Italia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya