Gianluigi Donnarumma Pemain Terbaik EURO 2020

KIper Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma
Sumber :
  • twitter.com/azzurri

VIVA – Kiper Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma terpilih sebagai pemain terbaik EURO 2020. Ini tak lepas dari penampilan apiknya pada pertandingan final melawan Timnas Inggris di Wembley Stadium, Senin dini hari WIB 12 Juli 2021.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Kiper berusia 22 tahun ini menjadi pahlawan kemenangan Gli Azzurri. Karena dalam sesi adu penalti, dia berhasil melakukan dua kali penyelematan.

Penyelamatan pertama dilakukan ketika Jadon Sancho melakukan eksekusi. Dia kembali mementahkan tendangan pemain Inggris, Bukayo Saka.

Mikel Arteta Berharap Lebih dari Kapten Arsenal

Inggris punya tiga eksekutor yang gagal melakukan tugasnya. Tambahannya adalah Marcus Rashford yang tendangannya masih melenceng dari sasaran.

Karena fakta itulah kemudian Donnarumma didapuk menjadi pemain terbaik EURO 2020. Ada lagi tambahan gawang yang dikawalnya cuma kebobolan empat kali dalam tujuh pertandingan yang dilakoni.

Pemain MU yang Tak Diinginkan Jose Mourinho Masih Ada Sampai Sekarang

Selama mentas di ajang empat tahunan bergengsi benua biru ini, dua kali Donnarumma mencatatkan clean sheets.

Rata-rata gol yang masuk ke dalam gawangnya cuma 0,6 per pertandingan. Wajar jika kemudian pelatih Italia, Roberto Mancini percaya penuh kepadanya.

Catatan apik lainnya adalah statistik penyelematan yang dilakukan selama EURO 2020. Total 10 kali pemain yang baru saja habis kontrak bersama AC Milan ini melakukannya.

Rincian penyelamatan itu adalah enam kali dari peluang lawan di dalam kotak penalti. Empat sisanya adalah upaya lawan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Untuk gelar pemain muda terbaik, pilar andalan Spanyol, Pedri yang dipilih. Tim Technical Obersver UEFA, menganggap pemain berusaia 18 tahun itu tampil bagus selama EURO 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya