Sukses di EURO 2020, Italia Bidik Tuan Rumah EURO 2028 atau PD 2030

Pesta juara pemain Timnas Italia.
Sumber :
  • Football Italia

VIVA – Timnas Italia sukses mengembalikan kejayaannya di Tanah Eropa usai menjuarai EURO 2020. Momen tersebut ingin dimanfaatkan federasi sepakbola Italia (FIGC) untuk membangkitkan lagi gairah sepakbola di negaranya.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Gli Azzurri sukses menjadi jawara turnamen empat tahunan antarnegara Eropa tersebut usai menumbangkan Timnas Inggris di Wembley Stadium. Pasukan Roberto Mancini menang 3-2 lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Momen kebangkitan tersebut ingin terus dijaga FIGC. Salah satunya dengan mengajukan diri menjadi tuan rumah Euro 2028 atau Piala Dunia 2030.

Artis hingga Komedian Inggris Minta Pemerintahnya Setop Ekspor Senjata ke Israel

Hal itu diungkapkan Presiden FIGC, Gabriele Gravina. Selain bertujuan meningkatkan prestasi, keputusan menjadi tuan rumah juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian.

Seperti diketahui, Italia merupakan salah satu negara yang terkena dampak parah dari pandemi COVID-19. Dan dengan menjadi tuan rumah dari salah satu perhelatan akbar tersebut, diharapkan bisa membantu pertumbuhan ekonomi Italia.

"Ini adalah kemenangan bagi semua pihak yang telah bekerja sama dalam proyek jangka panjang ini," kata Gravina dikutip Football Italia.

"(Kesuksesan) ini memberikan harapan bagi negara secara umum, sebagaimana penelitian menunjukkan dampak positif pada ekonomi dengan peningkatan PDB sebesar 0,7 persen, sekitar 12 miliar euro. Turnamen ini juga memberikan pendapatan tambahan sekitar 36 juta euro," jelasnya.

Lebih lanjut, Gravina menjelaskan jika upaya Italia menjadi tuan rumah Euro atau pun Piala Dunia bakal memaksa pemerintah setempat untuk merenovasi stadion yang terakhir kali dilakukan secara total saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 1990.

"Kami memiliki Euro 2028 dan Piala Dunia 2030 sebagai peluang (jeadi tuan rumah). Tapi, kami harus maju selangkah demi selangkah. Jadi, target kami adalah Euro," tutur Gravina.

Untuk menjadi tuan rumah Euro 2028, Italia akan bersaing ketat dengan sejumlah negara, yakni Inggris, Denmark, Finlandia, Nerwegia, Swedia, Portugal, Spanyol, dan Rusia.

Belum lagi, sejumlah negara lain yang baru menyatakan minat menjadi tuan rumah, seperti Rumania, Yunani, Bulgaria, Serbia, dan Turki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya